Home Gaya hidup Buat Perubahan dalam Hidupmu, 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Tahun...

Buat Perubahan dalam Hidupmu, 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Tahun 2022

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Gaya hidup yang lebih sehat menjadi salah satu resolusi populer yang sering dibuat orang di setiap tahun barunya. Bagaimana tidak di zaman seperti sekarang ini, kesehatan menjadi hal utama yang tak boleh untuk diabaikan.

Akan tetapi memiliki hidup yang lebih sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika selama bertahun-tahun, kamu terbiasa menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan sembarangan. Tak pernah sarapan, mengkonsumsi junkfood, merokok, tidak pernah olahraga dan begadang; menjadi gaya hidup merusak yang sebaiknya mulai kamu ubah dari sekarang.

Menurut WHO, gaya hidup sehat sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Ini karena gaya hidup sehat memiliki banyak manfaat. Gaya hidup sehat adalah cara hidup yang menurunkan risiko sakit parah atau kematian dini. Tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar kematian, terutama yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, dapat dihindari.

Studi ilmiah telah mengidentifikasi jenis perilaku tertentu yang berkontribusi pada perkembangan penyakit dan kematian dini. Kesehatan bukan hanya tentang menghindari penyakit. Ini juga tentang kesejahteraan fisik, mental dan sosial. Ketika gaya hidup sehat diadopsi, model peran yang lebih positif diberikan kepada orang lain dalam keluarga, terutama anak-anak.

Lalu bagaimana cara mengadopsi gaya hidup sehat di tahun 2022 nanti?

  1. Jangan sekaligus, buat perubahan kecil setiap bulannya.
    Menciptakan gaya hidup sehat tidak bisa dilakukan sekaligus dan secara tiba-tiba. Kamu butuh penyesuaian dan adaptasi agar konsisten menjalani gaya hidup seperti ini. Karena itulah kamu bisa menyusun rencana perubahan-perubahan kecil setiap bulannya seperti mulai diet di bulan Januari, mulai olahraga di bulan Februari, berhenti merokok di bulan April dan seterusnya. Dengan begini kamu benar-benar fokus pada satu perubahan positif, dan membuat resolusi terasa tidak terlalu menakutkan serta lebih dapat dicapai.
  2. Minum lebih banyak air
    Minum banyak air putih punya manfaat yang besar sekali pada kesehatan kamu. Kalau kamu biasa minum teh, kopi atau soda; mulai sekarang biasakanlah untuk minum air putih yang cukup. Minum air meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, meningkatkan penurunan berat badan, membuang racun dan memperbaiki kondisi kulit.
  3. Susun ulang isi kulkasmu
    Pola makan sehat menjadi salah satu kunci hidup sehat yang membantu untuk mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya. Kamu adalah apa yang kamu makan. Jadi kalau mau hidup sehat, kamu harus membiaskan diri mengkonsumsi makanan sehat. Karena itulah kamu bisa menyusun ulang kulkasmu dan mengganti junkfood dengan makanan sehat seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan sereal. Bukan berarti kamu tak boleh mengkonsumsi junkfood, namun kamu bisa pelan-pelan menguranginya seperti sebulan sekali makan mie instant dan seterusnya.
  4. Yuk aktif bergerak
    Jika ingin hidup dengan baik dan lebih lama, kamu harus berolahraga! Studi menunjukkan bahwa bahkan sepuluh menit latihan yang dilakukan secara rutin, membuat perbedaan yang signifikan pada kesehatan dan bentuk tubuhmu. Karena itulah kamu bisa mulai dengan olahraga ringan namun rutin, kemudian tingkatkan pola latihanmu menjadi sedikit lebih berat sampai kamu benar-benar terbiasa.
  5. Mulai peduli pada kesehatan mentalmu
    Gaya hidup sehat tak hanya fokus pada fisik semata, namun juga mentalmu. Kita sudah mengalami tahun yang berat sepanjang 2021 ini lantaran pandemi, jadi ini waktunya kamu untuk memperbaiki kesehatan mentalmu. Jauhi stress dan pemicunya, perbanyak yoga dan meditasi, jalan-jalan ke alam terbuka dan banyak-banyak bersyukur bisa jadi hal yang baik untuk kesehatan mentalmu di tahun 2022 nanti.

Itulah 5 tips yang bisa kamu coba untuk memulai gaya hidup sehat di tahun 2022 mendatang. Yuk kita coba terapkan untuk hidup yang lebih baik dan lebih sehat. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...