Home Gaya hidup Buat Perubahan dalam Hidupmu, 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Tahun...

Buat Perubahan dalam Hidupmu, 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Tahun 2022

TELENEWS.ID – Gaya hidup yang lebih sehat menjadi salah satu resolusi populer yang sering dibuat orang di setiap tahun barunya. Bagaimana tidak di zaman seperti sekarang ini, kesehatan menjadi hal utama yang tak boleh untuk diabaikan.

Akan tetapi memiliki hidup yang lebih sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika selama bertahun-tahun, kamu terbiasa menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan sembarangan. Tak pernah sarapan, mengkonsumsi junkfood, merokok, tidak pernah olahraga dan begadang; menjadi gaya hidup merusak yang sebaiknya mulai kamu ubah dari sekarang.

Menurut WHO, gaya hidup sehat sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Ini karena gaya hidup sehat memiliki banyak manfaat. Gaya hidup sehat adalah cara hidup yang menurunkan risiko sakit parah atau kematian dini. Tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar kematian, terutama yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, dapat dihindari.

Studi ilmiah telah mengidentifikasi jenis perilaku tertentu yang berkontribusi pada perkembangan penyakit dan kematian dini. Kesehatan bukan hanya tentang menghindari penyakit. Ini juga tentang kesejahteraan fisik, mental dan sosial. Ketika gaya hidup sehat diadopsi, model peran yang lebih positif diberikan kepada orang lain dalam keluarga, terutama anak-anak.

Lalu bagaimana cara mengadopsi gaya hidup sehat di tahun 2022 nanti?

  1. Jangan sekaligus, buat perubahan kecil setiap bulannya.
    Menciptakan gaya hidup sehat tidak bisa dilakukan sekaligus dan secara tiba-tiba. Kamu butuh penyesuaian dan adaptasi agar konsisten menjalani gaya hidup seperti ini. Karena itulah kamu bisa menyusun rencana perubahan-perubahan kecil setiap bulannya seperti mulai diet di bulan Januari, mulai olahraga di bulan Februari, berhenti merokok di bulan April dan seterusnya. Dengan begini kamu benar-benar fokus pada satu perubahan positif, dan membuat resolusi terasa tidak terlalu menakutkan serta lebih dapat dicapai.
  2. Minum lebih banyak air
    Minum banyak air putih punya manfaat yang besar sekali pada kesehatan kamu. Kalau kamu biasa minum teh, kopi atau soda; mulai sekarang biasakanlah untuk minum air putih yang cukup. Minum air meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, meningkatkan penurunan berat badan, membuang racun dan memperbaiki kondisi kulit.
  3. Susun ulang isi kulkasmu
    Pola makan sehat menjadi salah satu kunci hidup sehat yang membantu untuk mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya. Kamu adalah apa yang kamu makan. Jadi kalau mau hidup sehat, kamu harus membiaskan diri mengkonsumsi makanan sehat. Karena itulah kamu bisa menyusun ulang kulkasmu dan mengganti junkfood dengan makanan sehat seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan sereal. Bukan berarti kamu tak boleh mengkonsumsi junkfood, namun kamu bisa pelan-pelan menguranginya seperti sebulan sekali makan mie instant dan seterusnya.
  4. Yuk aktif bergerak
    Jika ingin hidup dengan baik dan lebih lama, kamu harus berolahraga! Studi menunjukkan bahwa bahkan sepuluh menit latihan yang dilakukan secara rutin, membuat perbedaan yang signifikan pada kesehatan dan bentuk tubuhmu. Karena itulah kamu bisa mulai dengan olahraga ringan namun rutin, kemudian tingkatkan pola latihanmu menjadi sedikit lebih berat sampai kamu benar-benar terbiasa.
  5. Mulai peduli pada kesehatan mentalmu
    Gaya hidup sehat tak hanya fokus pada fisik semata, namun juga mentalmu. Kita sudah mengalami tahun yang berat sepanjang 2021 ini lantaran pandemi, jadi ini waktunya kamu untuk memperbaiki kesehatan mentalmu. Jauhi stress dan pemicunya, perbanyak yoga dan meditasi, jalan-jalan ke alam terbuka dan banyak-banyak bersyukur bisa jadi hal yang baik untuk kesehatan mentalmu di tahun 2022 nanti.
Baca juga :  Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat Covid-19, Firman Soebagyo: Gagasan yang Aneh!
Baca juga :  Hati-hati, Melihat Foto Korban Kecelakaan Seperti Vanessa Angel Bisa Sebabkan Gangguan Mental Ini!

Itulah 5 tips yang bisa kamu coba untuk memulai gaya hidup sehat di tahun 2022 mendatang. Yuk kita coba terapkan untuk hidup yang lebih baik dan lebih sehat. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...