Home Gaya hidup Kesehatan Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID – Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari beras putih, beras merah di gadang-gadang cocok untuk program diet dan penurunan berat badan.

Namun terkadang kita lupa bahwa sumber karbohidrat terbaik selain nasi, bukan hanya beras merah semata. Memang sering dikatakan bahwa jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu harus mengurangi karbohidrat, meninggalkan pasta, kentang, dan tepung-tepungan. Namun ternyata sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi justru bukan datang dari beras merah loh guys!

Rupanya ada satu lagi sumber karbohidrat terbaik yang menurut ahli lebih efektif untuk diet terutama mengurangi timbunan lemak di perut. Menurut Trista Best, RD, ahli diet terdaftar di Balance One Supplements; oatmeal adalah karbohidrat paling efektif untuk membantu mengecilkan lemak perut.

“Oat adalah sumber biji-bijian yang sangat baik dan mengandung banyak serat dan nutrisi yang menjadikannya makanan atau camilan sehat,” kata Best.

Oatmeal menjadi makanan pokok untuk sarapan yang sangat populer dan mengenyangkan. Tentu saja oatmeal bukan satu-satunya hidangan sarapan yang dapat membantu upaya penurunan berat badan, tetapi makanan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk memulai hari karena manfaat nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tentu saja penurunan berat badan.

Oatmeal tidak hanya merupakan sumber karbohidrat terbaik untuk membantu mengecilkan lemak perut, tetapi juga berperan dalam menurunkan kolesterol jahat, mengatur kadar gula darah, dan penuh dengan protein dan serat.

Salah satu manfaat oatmeal membantu mengurangi lemak perut adalah karena kemungkinan besar kamu tidak akan memakannya secara berlebihan, karena karbohidrat yang mengandung serat seperti oatmeal membantu kita merasa kenyang lebih lama.

“Serat dalam oatmeal membuat kita merasa kenyang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan sepanjang pagi,” begitu menurut Best. Namun itu bukan satu-satunya cara oatmeal membantu mengecilkan lemak perut.

Baca juga :  Ternyata Hanya Orang Sehat Saja yang Sanggup Melakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini, Apa Itu?

“Biji-bijian utuh seperti yang terdapat dalam oatmeal menjaga gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang berhubungan dengan peningkatan berat badan,” kata Best. Sebuah studi baru-baru ini juga menemukan bahwa ketika gula darah seseorang turun setelah makan, mereka cenderung akan lebih cepat lapar dan makan lebih banyak.

Best mengatakan bahwa salah satu yang menarik dari makan oatmeal adalah dapat diolah dengan berbagai cara, variasi dan bahkan dapat dikombinasikan dengan jenis makanan lain tanpa menambahkan kalori ekstra di dalamnya.

“Oatmeal yang sehat dapat dibuat dengan cara gurih atau manis tanpa menambahkan kalori di dalamnya. Ketika sudah matang, oatmeal bisa menjadi sarapan yang sempurna untuk menurunkan berat badan,” kata Best.

Cara terbaik untuk makan oatmeal untuk membantu menghindari kelebihan kalori dan mengakibatkan menyusutnya lemak perut, adalah dengan tidak makan oatmeal yang ditambahkan pemanis dan perasa buatan. Kamu bisa memilih rolled oat dan mengolahnya sendiri dengan topping yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah, susu rendah lemak, madu, yoghurt atau telur.

Baca juga :  Ternyata Hanya Orang Sehat Saja yang Sanggup Melakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini, Apa Itu?

“Beberapa topping dan campuran terbaik untuk oatmeal termasuk kacang-kacangan, kayu manis, blueberry, stroberi, dan pisang,” kata Best. “Oat gurih bisa dibuat sehat dengan menambahkan tomat, telur, jamur, dan bayam” ujarnya lagi.

Lewati topping berkalori tinggi seperti gula dan sirup. Makanlah oat polos atau gunakan segenggam buah beri, atau toping apapun yang kamu sukai. Jika kamu menyukai susu, gunakan alternatif susu tanpa lemak atau susu almond tanpa pemanis yang hanya memiliki 40 kalori per porsi. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...