Home Gaya hidup Bullying Sebabkan Enzy Storia Ingin Akhiri Hidup, Ini Tips Atasi Trauma Akibat...

Bullying Sebabkan Enzy Storia Ingin Akhiri Hidup, Ini Tips Atasi Trauma Akibat Dibully saat Kecil

Telenews.id- Dibalik sosoknya yang selalu terlihat ceria, Enzy Storia ternyata menyimpan masa lalu yang menyedihkan. Wanita cantik ini merupakan korban perundungan di masa kecil, dikarenakan penampilannya yang agak bule dan keluarganya yang broken home.

Akibat bullying yang diterimanya, Enzy bahkan sempat terpikirkan untuk mengakhiri hidupnya di usia yang masih muda belia. “Bayangin, aku umur sembilan tahun bisa mikir ‘Kayaknya aku mati aja deh, Tuhan. Kenapa aku dilahirin kalau kayak gini keadaannya?’ Itu umur sembilan tahun udah mikir kayak gitu tuh menurut aku aneh aja,” curhat Enzy di kanal YouTube Daniel Mananta.

Apa yang dialami Enzy tentu saja membuat miris dan prihatin banyak orang. Begitu buruk dampak bullying, bahkan Enzy kecil bahkan sempat ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Tentu saja trauma yang dialami akibat jadi korban bullying, tak jarang masih terasa dan membekas meski seseorang telah tumbuh dewasa.

Seseorang yang mengalami bullying atau penindasan di saat kecil, akan mengalami trauma psikologis yang mereka bawa sampai dewasa. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan mental para korbannya. Seseorang korban bullying di masa kecil bisa mengalami depresi, gangguan kecemasan, kecenderungan untuk berfikir bunuh diri, bahkan bisa menjadi seseorang yang ketergantungan obat terlarang.

Karena itulah sangat penting bagi korban bullying di masa kanak-kanak, untuk menyembuhkan atau minimal mengurangi efek dari trauma yang mereka rasakan. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri
    Berdamai dengan keadaan dan berhenti untuk menyalahkan diri sendiri, harus dilakukan oleh mereka yang menjadi korban bullying di masa kecilnya. Perasaan menyalahkan diri sendiri adalah hal yang kerap dirasakan oleh korban bullying, tetapi hal itu membuat dampak pada saat dewasa akan terasa lebih buruk. Lebih penting lagi, fokuslah pada pembelajaran bahwa kamu tidak bertanggung jawab atas bullying yang kamu alami di masa kecil dulu.
  2. Temukan teman bicara
    Support system yang baik akan menjadi salah satu cara menghilangkan trauma akibat bullying yang dirasakan saat kecil. Agar kamu tak merasa sendiri, kamu bisa mencari orang-orang yang bisa kamu percaya untuk mendengarkan ceritamu atau keluh kesahmu. Terapis, keluarga, atau teman terdekat bisa jadi support system yang akan membantumu mengurangi trauma masa kecil akibat perundungan ini.
  3. Ingat kalau kamu berharga
    Perundungan atau bullying sering menyebabkan orang kehilangan kepercayaan diri dan harga diri, karena perbuatan kurang terpuji ini dipenuhi dengan kebohongan tentang nilai diri yang dilakukan oleh pelaku perundungan padamu. Tepis fikiran negatif dan kebohongan yang dikatakan penindas tentangmu, dan fokuslah pada hal positif mengenai dirimu saat ini.
  4. Jangan menyendiri
    Biasanya korban bullying di masa kecil akan menjadi seseorang yang pendiam dan penyendiri saat dewasa. Sering kali, korban bullying mengasingkan diri dan mencoba menghadapi konsekuensi dari bullying itu sendiri. Padahal salah satu cara menyembuhkan trauma akibat bullying masa kecil adalah dengan tetap bergaul dan berhubungan dengan keluarga atau teman terdekat. Kuncinya adalah jangan sampai kamu menjalani proses penyembuhan sendirian.
Baca juga :  Hati-hati, Melihat Foto Korban Kecelakaan Seperti Vanessa Angel Bisa Sebabkan Gangguan Mental Ini!
Baca juga :  Terapi Plasma Konvalesen Untuk Penderita Covid-19

Itulah beberapa cara mengatasi trauma, akibat bullying yang dialami di masa kecil. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...