Home Olah Raga Buntut Kisruh PSSI dengan AFF, EAFF Football Championship Patokan Tertinggi yang Baru

Buntut Kisruh PSSI dengan AFF, EAFF Football Championship Patokan Tertinggi yang Baru

TELENEWS.ID – Kisruh sepak bola Indonesia yang gagal lolos ke babak semi-final piala AFF U-19 hanya karena kalah head to head oleh Vietnam dan Thailand, menjadikan Indonesia melayangkan protes ke Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) secara resmi. Protes yang dilayangkan ini berisi adanya dugaan “main mata” antara Vietnam dan Thailand yang bekerja sama untuk menciptakan hasil seri dan menyingkirkan Indonesia dari piala AFF.

Hasil seri yang terjadi pada pertandingan antara Vietnam dan Thailand dan berakhir dengan skor 1-1, dinilai sebagai settingan agar tidak ada yang kalah dan menang dalam pertandingan tersebut. Karena jika salah satu antara Vietnam atau Thailand kalah, maka Indonesialah yang lolos melaju ke babak semifinal piala AFF U-19.

Buntut dari kisruh tersebut, masyarakat Indonesia juga turut meminta PSSI untuk meninggalkan AFF dan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Jika Indonesia resmi bergabung dengan EAFF, maka Indonesia berhak mengikuti kompetisi EAFF Football Championship atau piala AFF versi negara-negara Asia Timur. Perbedaannya dengan AFF adalah dalam piala AFF akan ada 10 tim yang akan terbagi ke dalam dua group. Dari kedua group ini akan diambil 2 tim yang akan melaju ke babak semifinal. Bagi tim yang menang dalam pertandingan semifinal tersebut, akan lolos dan akan bertanding di final.

Sedangkan untuk piala EAFF sendiri menggunakan tiga babak dalam pertandingan. Piala EAFF sendiri saat ini memiliki anggota antara lain Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Hongkong, Guam, Taiwan, Mongolia, Kepulauan Mariana, dan Makau. Babak pertama akan diikuti oleh 4 tim yang merupakan peringkat terendah berdasarkan papan peringkat resmi FIFA. Keempat tim ini masing-masing akan menjalani 3 pertandingan dan tim yang memiliki nilai tertinggi di klasemen akan keluar sebagai juara group.

Baca juga :  Brace Lewandowski Pastikan Langkah Bayern Munchen ke Final Piala Dunia Antarklub

Pemenang dari group pertama tersebut akan otomatis masuk ke dalam group babak kedua yang akan diikuti oleh 4 tim kembali sesuai dengan peringkat FIFA. Hal yang sama terjadi bagi tim yang memiliki memiliki nilai tertinggi di klasemen maka berhak masuk ke babak ketiga. Di babak ketiga juga akan diikuti oleh tim tersisa ditambah tim hasil juara group babak kedua. Hasil yang sama berdasarkan klasemen, di mana tim dengan poin tertinggilah yang akan memenangkan Piala EAFF.

Salah satu alas an masyarakat Indonesia dan PSSI memperhitungkan Indonesia untuk bermain di liga EAFF, adalah karena saat ini berdasarkan papan peringkat resmi FIFA, Indonesia diprediksi akan turun di babak kedua langsung. Karena peringkat Indonesia berada di atas Mongolia, Guam, Kepulauan Mariana, dan Makau. Untuk itu jika Tim Indonesia berhasil menjadi juara group di babak kedua, timnas Indonesia berhak mengikuti babak ketiga dan menambah peluang juara.

Baca juga :  Mengapa Pierluigi Collina begitu Disegani?

Hingga saat ini PSSI masih terus menggodok rencana keluarnya Indonesia dari AFF dan bergabungnya Indonesia dengan EAFF. Masih banyak peluang dan risiko yang harus diperhatikan agar timnas Indonesia tidak kembali dirugikan di masa mendatang. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...