Home Internasional Buntut Protes Jeff Bezos, Kontrak Astronot SpaceX Dengan NASA Ditangguhkan

Buntut Protes Jeff Bezos, Kontrak Astronot SpaceX Dengan NASA Ditangguhkan

TELENEWS.ID – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengeluarkan pengumuman yang kurang menyenangkan bagi partner barunya, SpaceX. Dimana harus mengeluarkan penangguhan untuk pembangunan pesawat ruang angkasa yang akan membawa awak pesawat ke bulan pada 2024.

Keputusan pahit ini terpaksa diambil terkait adanya protes dari proyek tersebut, hal ini membuat Government Accountability Office (GAO) atau Badan Pengawas Federal di Amerika Serikat, perlu melakukan investigasi lanjutan tentang gugatan yang dilayangkan oleh dua badan yang melakukan pelaporan tersebut.

Hal ini bermula dari pengumuman NASA yang memilih menjalin kerja sama dengan SpaceX untuk program Human Landing System (HLS) dengan besaran proyek mencapai 2,9 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp42,1 triliun.

Kerja sama ini memicu adanya protes yang dilakukan kompetitornya yang gagal menenangkan kontrak, yaitu Blue Origin milik Jeff Bezos dan Dynestis, perusahaan penelitian ruang angkasa yang bermarkas di Alabama.

Bahkan protes ini dilayangkan hanya berselang dua minggu setelah kontrak ditetapkan yang memiliki tebal 175 halaman ini diajukan dengan sadar, bahwa NASA tidak mengevaluasi penawaran dari kedua perusahaan itu dengan benar. Bukan itu saja, pengajuan protes ini juga mendorong NASA untuk mempertimbangkan keputusan kerja sama itu kembali.

Akibatnya, NASA harus menangguhkan kerja sama dengan SpaceX sementara, menurut aturan pemerintah punya waktu 100 hari, setelah menerima protes ini. Dimana akan menimbang kembali, apakah protes ini diterima. Ini berarti SpaceX akan digantung keputusan kerja sama dengan NASA hingga 4 Agustus 2021 mendatang.

Lantas bagaimana nasib kerjasama NASA dan SpaceX, padahal sudah memasuki tahapan penetapan kontrak, selangkah lagi keduanya akan memulai pembicaraan awal, inilah yang terjadi di awal mulai kontrak dan sebuah proyek besar.

Baca juga :  Disamakan Dengan Musuh Batman, Jeff Bezos Dilarang Balik Ke Bumi

Dilansir dari The Verge, penundaan ini datang dari sebuah pernyataan resmi dari Juru Bicara NASA, Monica Witt.

“Berdasarkan protes GAO, NASA menginstruksikan SpaceX bahwa kemajuan pada kontrak HLS telah ditangguhkan sampai GAO menyelesaikan semua litigasi terkait pengadaan ini” ujarnya.

Nampaknya langkah NASA dan SpaceX akan terhambat sementara, padahal NASA sudah terkesima dengan sistem roket SpaceX, Starship, yang kini tengah dikembangkan untuk mengangkut manusia sekaligus kargo ke Bulan bahkan Mars untuk jangka kedepannya.

Awalnya di proyek HLS ini, NASA dan SpaceX akan mengangkut 2 awak pesawat untuk sampai ke bulan. Jika ini berjalan dengan lancar, maka kedepannya akan dilakukan pengangkutan kargo secara massif. Jadi bukan hal mustahil lagi manusia akan hidup di bulan dan inilah yang akan jadi cikal bakal dimulainya penjelajahan luar angkasa.

NASA memang memilih kerja sama untuk memulai program HLS, ini terkait dengan keterbatasan dana yang disediakan oleh Kongres. Bahkan di tahun lalu saja, NASA hanya mendapatkan 850 juta dollar Amerika Serikat dari total pengajuan 3,3 miliar dollar Amerika Serikat, bahkan ini tak lebih dari 25 persen pendanaan untuk pengadaan pendaratan 2 awak kapal di bulan.

Baca juga :  Amerika Serikat akan Tarik Pajak YouTuber Indonesia

Langkah Elon Musk bersama SpaceX untuk menjelajah antariksa menggandeng NASA nampaknya tidak berjalan mulus, tapi kalau nantinya protes ini ditolak maka bisa jadi kerjasama NASA dan SpaceX akan semakin panjang karena keduanya punya visi yang sama, kembali adanya pendaratan di bulan dengan membawa awak pesawat. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...