Home Nasional Bus dengan Stiker Khusus Boleh Angkut Pemudik? Begini Penjelasan Kemenhub

Bus dengan Stiker Khusus Boleh Angkut Pemudik? Begini Penjelasan Kemenhub

TELENEWS.ID – Menurut informasi yang sudah beredar, Kemenhub menerbitkan stiker khusus untuk bus yang tetap beroperasi selama masa peniadaan mudik pada 6 s/d 17 Mei mendatang.

Tapi hal itu bukan berarti kendaraan yang memiliki stiker tersebut bisa mengangkut penumpang untuk mudik, seperti yang ditegaskan oleh Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Dia menjelaskan bahwa bus yang berstiker khusus hanya untuk mengangkut penumpang yang melakukan perjalanan selain mudik dan dengan syarat telah memenuhi semua aturan dari Kementerian Perhubungan dan juga Satgas.

Sedangkan fungsi dari stiker khusus dimaksudkan untuk mempermudah petugas mengidentifikasi bus mana yang boleh beroperasi.

Budi Setiyadi juga menjelaskan bahwa stiker itu dibagikan secara gratis dan dikoordinir oleh Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Hubdat. Sedangkan untuk pengajuannya, bisa diperoleh dengan mengisi data pada link https://forms.gle/Dq93DyFVgepPV2oW7.

Lalu mengenai pegawai yang perlu melakukan perjalanan dinas diwajibkan menunjukkan surat izin perjalanan sebagai syarat yang berlaku.

Untuk dasar hukumnya, Budi Setiyadi merujuk pada ketentuan dari Surat Edaran Satgas Nomor 13/2021 dan PM Nomor 13/2021 terkait bus tidak diperbolehkan mengangkut penumpang mudik dan hanya boleh mengangkut penumpang dengan persyaratan tertentu.

Sebagai informasi tambahan, Surat Edaran Satgas nomor 13 tahun 2021 dan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 13 tahun 2021 menjelaskan bahwa dalam masa pelarangan mudik, masyarakat yang dapat melakukan perjalanan ‘Non Mudik’ yaitu bekerja/perjalanan dinas, ibu hamil, persalinan, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal dan orang-orang yang memiliki kepentingan khusus non mudik dengan membawa surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat yang bertanda tangan basah/elektronik sebagai syarat utama. (Dhe)

Baca juga :  Himbauan Piknik oleh Disparbud Kabupaten Bandung Saat Mudik Dilarang
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...