Home Gaya hidup Kesehatan Cacar Monyet Mulai Membahayakan Eropa, Perhatikan Gejala dan Pencegahannya

Cacar Monyet Mulai Membahayakan Eropa, Perhatikan Gejala dan Pencegahannya

TELENEWS.ID – Pandemi Covid-19 di seluruh dunia sudah mulai mereda serta bisa dikendalikan. Bahkan sudah banyak negara yang menganggap covid-19 sebagai endemi dan hidup berdampingan. Pencegahan, protokol kesehatan serta penanganan pasien covid sudah bisa dilakukan dengan cepat dan mencegah kematian. Namun ada wabah penyakit lain yang kembali membahayakan manusia, yaitu monkeypox atau cacar monyet. Otoritas Kesehatan Eropa, Amerika Serikat dan Australia sudah mulai kewalahan dengan menjangkitnya penyakit ini di beberapa daerah.

Di Eropa sendiri, warga yang terjangkit ditemukan di Inggris, Spanyol, Portugal, Perancis, Italia, Swedia dan Jerman. Mengutip dari CNBC International, Inggris sendiri sudah mengalami wabah ini sejak 7 Mei 2022 dan sudah ada 20 kasus. Selain itu sudah ada 13 kasus terbaru yang terkonfirmasi cacar monyet di Israel.

Cacar monyet merupakan penyakit yang berasal dari virus yang sebenarnya tidak terlalu parah jika menjangkit tubuh manusia. Pada zaman dulu, penyakit ini banyak ditemukan menjangkit warga Afrika Tengah dan Afrika Barat. Virus cacar monyet ini pertama kali dikenal pada tahun 1958 yang menjangkiti seekor monyet di penangkaran. Pada tahun 1970, kasus cacar monyet ditemukan sudah menjangkiti manusia. Setelah itu penyakit ini dinyatakan menghilang, namun pada tahun 2017 sampai 2022 ini, sudah ditemukan 450 kasus di berbagai negara yang positif terkena cacar monyet.

Cacar monyet merupakan penyakit menular dengan kontak dekat dengan orang lain, hewan dan benda. Penyebaran virus ini juga terjadi pada manusia melalui kulit yang terluka, saluran pernafasan, mata, hidung dan mulut. Penularan antarmanusia terjadi melalui saluran pernafasan saat melakukan komunikasi jarak dekat dan bersentuhan. Sedangkan penularan dari hewan ke manusia terjadi melalui sentuhan, cakaran, dan gigitan yang menyebabkan luka.

Baca juga :  Jadi Sering Haus, Waspadai 4 Tanda Diabetes Pada Wanita Yang Sedang Hamil

Gejala dari seseorang yang menderita cacar monyet adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, bengkak pada beberapa bagian tubuh. Setelah penderita mengalami demam, penderita akan mendapatkan ruam pada bagian tubuh seperti muka, telapak tangan dan telapak kaki. Namun ruam ini bisa hilang dengan sendirinya selama dua sampai empat minggu ke depan.

Seperti hal nya covid-19, cacar monyet juga sampai saat ini belum memiliki pengobatan pasti yang dapat menyembuhkan. Penderita cacar monyet akan langsung diisolasi seperti layaknya penderita covid-19 untuk menjalani perawatan dan mencegah penularan. Namun sudah ada vaksinasi pencegahan cacar monyet itu sendiri.

Pada zaman dulu, penderita cacar monyet di Afrika Tengah dan Afrika Barat akhirnya meninggal karena belum adanya pengobatan seperti sekarang ini. Namun untuk saat ini otoritas kesehatan dunia menyatakan bahwa dengan sudah canggihnya pengobatan sekarang, cacar monyet tidak akan membahayakan bagi hidup penderitanya. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...