Home Teknologi App Canggih! Video TikTok Kini Bisa Dipakai Untuk Lamar Kerja

Canggih! Video TikTok Kini Bisa Dipakai Untuk Lamar Kerja

TELENEWS.ID – Selepas menuai sukses sebagai platform video pendek terpopuler, TikTok mulai merambah ranah yang lebih serius dengan menghadirkan TikTok Resume. Fitur tersebut dihadirkan sebagai program percontohan untuk melamar pekerjaan via TikTok.

Dilansir dari harian Reuters, pengguna TikTok akan segera bisa menyertakan video singkat mereka di fitur TikTok Resumes untuk melamar pekerjaan. Program tersebut berlangsung di Amerika Serikat mulai 7 sampai 31 Juli dan TikTok telah menjalin kerjasama dengan total 34 perusahaan, diantaranya Chipotle Mexican Grill, Target Corp, WWE Superstar hingga Shopify.

Kendati belum dirilis kepada publik secara luas, TikTok Resume disinyalir bisa menjadi alternatif yang menarik bagi para pengguna yang mencari pekerjaan. Pasalnya, statistik menunjukkan bahwa TikTok yang didominasi pengguna milenial dan generasi Z, mengalami kenaikan pencarian konten tentang pekerjaan, yang biasanya diunggah dengan menggunakan tanda pagar #CareerTok.

“Kami senang meluncurkan “TikTok Resumes” sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan,” tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.

Selama masa percontohan, pengguna bisa menemukan lowongan pekerjaan di posisi entery level hingga eksekutif yang dibuka oleh 34 mitra perusahaan itu di situs tiktokresumes.com.

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan, pengguna bisa membuat resume dalam video TikTok sekreatif mungkin dengan menjelaskan pengalaman kerja dan kemampuan yang dimilikinya. Pengguna juga wajib mencantumkan tagar #TikTokResumes di caption video.

Selain itu, video TikTok yang diperuntukkan untuk melamar kerja itu harus bisa diakses oleh publik, dan tidak boleh dihapus dari platform setidaknya selama sebulan.

“Video pendek dan kreatif, dikombinasikan dengan alat kreasi bawaan TikTok yang mudah digunakan, secara organik menciptakan cara baru untuk menemukan kandidat berbakat dan peluang karier,” tulis Tiktok kemudian.

Baca juga :  Universal Music Group Umumkan Perjanjian Baru Dengan TikTok

Sementara langkah membuka lowongan kerja lewat TikTok sudah dilakukan juga oleh sejumlah perusahaan di seluruh dunia sebelum ada wadah resmi seperti TikTok Resume. Di Indonesia, franchise minuman Esteh menjadi yang pertama melakukannya tahun 2020 silam. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...