Home Gaya hidup Cara Alami dan Mudah Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker alias...

Cara Alami dan Mudah Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker alias Maskne

TELENEWS.ID. Tahukah kamu dengan istilah “maskne”? Istilah ini muncul berbarengan dengan pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai penjuru dunia. Namun tenang maskne ini bukan varian virus COVID-19 jenis baru, namun sesuatu yang berhubungan dengan kondisi kulit wajahmu.

Ya maskne ini merujuk pada istilah timbulnya breakout atau jerawat akibat terlalu sering memakai masker. Masker yang kini menjadi keharusan terutama saat kita beraktivitas di luar rumah memang membantu untuk melindungi kita dari virus. Namun disisi lain, banyak orang terutama kaum Hawa mengeluhkan timbunya jerawat di area wajah yang tertutup oleh masker.

Dr. Joyce Park seorang dokter kulit ternama dari Bay Area menjelaskan apa itu maskne yang belakangan ini dikeluhkan oleh banyak orang.“Maskne adalah istilah lain dari acne mechanicala, yaitu lesi jerawat yang terbentuk pada kulit di area yang tersumbat (tersumbat atau tertutup), seperti di bawah masker,” ujar Dr. Joyce.

Sementara itu menurut ahli kulit Dr. Lindsey Zubritsky, maskne adalah kondisi yang sangatw ajar terjadi di masa pandemi seperti sekarang ini. “Ini adalah kondisi kulit yang sangat umum saat ini, selama masa pandemi. Namun, ‘maskne’ tidak hanya terbatas pada jerawat,” ujarnya. Ini karena selain maskne beberapa orang juga mengeluhkan munculnya bintik, gatal-gatal bahkan eksim di area yang tertutup masker.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu lantas tidak mau lagi memakai masker karena takut mengalami maskne. Kamu bisa kok mencegah timbulnya maskne dengan tips alami berikut ini, tanpa harus meninggalkan masker saat keluar rumah. Apa saja itu?

  1. Selalu cuci muka
    Ketika kamu sudah sampai di rumah, mencuci muka jadi hal pertama yang harus kamu lakukan. Mencuci muka bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dan kotoran serta minyak, yang mungkin tertahan dibawah masker. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa wajahmu bersih sebelum keluar rumah menggunakan masker. Intinya, kamu wajib untuk mencuci muka dengan bersih, baik sebelum atau sesudah mengenakan masker.
  2. Pilih moisturizer terbaik
    Untuk mengatasi maskne, kamu harus memastikan wajahmu selalu terhidrasi dengan baik. Maka dari itu pilihlah moisturizer yang tepat, yang akan selalu membuat kulitmu terhidrasi dari luar. Selain membantu untuk menjaga kelembaban kulit, moisturizer juga akan mengikat kelebihan minyak di wajah yang menjadi penyebab munculnya breakout atau jerawat.
  3. Hindari make up yang berat dan berlebihan
    Kamu sebaiknya menghindari mengaplikasikan make up yang berat dan tebal saat memakai masker. Ini karena masker akan memerangkap residu dari make up, yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori wajah sehingga memicu timbulnya jerawat. Selain itu sisa make up akan membuat maskermu menjadi cepat kotor, sehingga bakteri jadi gampang berkembang biak.
  4. Selalu pakai masker yang bersih
    Kotoran, minyak plus bakteri dari hidung dan mulutmu akan menempel pada masker yang kamu kenakan. Kalau kamu tidak rajin mengganti maskermu dengan yang bersih, maka tentu saja akan menyebabkan timbulnya peradangan pada wajahmu. Karena itu pastikan masker yang kamu kenakan dalam kondisi bersih ya ladies.
  5. Hindari pakai masker yang terlalu kencang
    Untuk mencegah munculnya maskne, sebaiknya kamu tidak mengenakan masker yag terlalu kencang. Masker yang dipakai terlalu kencang akan membuat kulit menjadi semakin tegang, sehingga memicu kerusakan pada kulit wajah. Pilihlah make up yang bermutu baik, namun tidak terlalu kencang saat digunakan.
Baca juga :  Waspada! 7 Kebiasaan ini Memicu Stroke Ringan Hingga Berat
Baca juga :  Stop! Hentikan 5 Hal Ini atau Kamu Bisa Terkena Darah Tinggi di Usia Muda

Maskne memang menjadi hal yang menyebalkan. Namun kamu bisa kok mencegahnya dengan menerapkan berbagai tips diatas. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...