Home Teknologi Internet Cara Memperkuat Sinyal Wifi Ini Harus Dicoba

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Ini Harus Dicoba

TELENEWS.ID – Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel atau gelombang radio yang disebut WiFi.

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan sinyal wifi tidak stabil, atau tidak tertangkap sama sekali oleh perangkat di titik tertentu di suatu area.

Penyebabnya bisa dari sisi teknis ataupun nonteknis. Untuk mengatasi hal ini, simak cara memperkuat sinyal wifi berikut ini.

  1. Posisi Router

Posisi router sebagai alat yang bertanggung jawab memancarkan sinyal wifi berperan sangat penting.

Karena itu, penempatan router juga dapat berpengaruh pada sinyal wifi yang dipancarkan.

Disarankan untuk menempatkan router di posisi terbuka yang relatif tidak ada hambatan seperti dinding, dan di posisi strategis di mana sinyal wifi diharapkan dapat relatif lebih mudah menjangkau berbagai titik.

  1. Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Router juga sebaiknya diletakkan tidak berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya yang dapat menyebabkan interferensi, seperti oven microwave.

Baik gelombang Wifi maupun oven microwave merupakan bentuk dari radiasi elektromagnetik. Sebagian gelombang dair oven microwave bisa saja bocor dan mengganggu sinyal wifi.

  1. Pembaruan Firmware

Perlu kamu ingat, router memiliki firmware yang mungkin perlu diperbarui.

Sebagian router memiliki fungsi pembaruan firware otomatis, tetapi sebagian lainnya mungkin tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengecek status firmware dari router kamu.

  1. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Salah satu cara memperkuat sinyal WiFi yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi penguat sinyal. Kini telah tersedia beragam aplikasi di Play Store yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi seperti WiFi Booster dan Analyzer.

  1. Memilih ISP Yang Berkualitas

Cara memperkuat sinyal Wifi lainnya yaitu menggunakan Internet Service Internet (ISP) berkualitas. Pasalnya, ISP menjadi salah satu faktor penyebab jaringan WiFi lambat.

Baca juga :  Demi Kesehatan Mental, Gen Z Ramai Ramai Pakai Ponsel Kuno

Hal ini bisa Anda atasi dengan cara menggunakan ISP yang belum banyak digunakan, sehingga hal ini dapat membuat jaringan internet akan jauh lebih cepat. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...