Home Gaya hidup Cegah Berfoya-foya, Ketahui 4 Prioritas Pengeluaran Uang THR

Cegah Berfoya-foya, Ketahui 4 Prioritas Pengeluaran Uang THR

TELENEWS.ID – Tunjangan Hari Raya (THR) jadi salah satu hal paling ditunggu ketika menjelang lebaran. Saat THR turun, penghasilan tentu jadi berlipat ganda dari biasanya.

Tapi jangan jadikan THR sebagai alasan untuk berfoya-foya. Agar uang itu tidak terasa ‘pergi’ begitu saja, sebaiknya buat dulu skala prioritas dalam menggunakan THR.

Coba mulai dengan membuat skala prioritas berdasarkan kebutuhan yang perlu dipenuhi menjelang Hari Raya Lebaran. Berikut ini empat saran yang sebaiknya jadi prioritas dalam penggunaan uang THR dikutip dari Bibit.

Zakat dan Infaq
Umat Islam yang dianggap memenuhi syarat wajib membayar zakat saat Ramadhan. Oleh sebab itu, sisihkan dana THR pertama kali untuk membayar zakat dan infaq.

Berdasarkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), besaran zakat fitrah yakni, beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa atau setara dengan uang sebesar Rp45 ribu per orang.

Membayar Utang
Apabila memiliki utang atau cicilan, maka dana THR juga bisa dimanfaatkan untuk bantu pembayaran tersebut. Catat semua utang atau cicilan yang ada, misalnya tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan atau rumah, dan lainnya.

Meskipun mungkin tidak bisa melunasi keseluruhan, paling tidak dana THR bisa dialokasikan untuk meringankan beban utang.

Kebutuhan Lebaran
Kebutuhan lebaran bisa melingkupi biaya mudik, hampers untuk keluarga, kerabat, dan sahabat, baju lebaran, hingga bagi-bagi amplop lebaran.

Untuk pengeluaran itu semua, sebaiknya dengan memanfaatkan dana THR. Agar dana yang dikeluarkan tidak membengkak, sebaiknya buat dulu daftar kebutuhan lebaran dan prioritaskan dari yang paling penting.

Adanya daftar kebutuhan serta skala prioritas, dapat membantumu untuk lebih memikirkan kembali dan lebih bijak dalam menggunakan uang THR sehingga tidak boros.

Baca juga :  Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tak Boleh Terlalu Bucin Pada Pasanganmu

Investasi
THR juga bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan jumlah investasi. Bisa sisihkan 10-20 persen dari THR untuk menambah porsi investasi. Semakin besar jumlah yang diinvestasikan, tentunya tujuan keuangan akan lebih cepat tercapai. (Nanang Middin)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...