Home Gaya hidup Cegah Infeksi Jamur, Ini 5 Tips Sederhana Merawat Kaki di Musim Hujan

Cegah Infeksi Jamur, Ini 5 Tips Sederhana Merawat Kaki di Musim Hujan

Telenews.id- Hayo siapa diantara pembaca Telenews yang sering merasakan kaki gatal-gatal terutama di musim hujan seperti sekarang ini? Memang tak dapat dipungkiri bahwa masalah kulit terutama di sekitar kaki kerap kali terjadi di musim hujan seperti sekarang ini.

Ini karena kaki yang akan sering bersentuhan langsung dengan air terutama genangan air setelah hujan. Jika air yang terkena kaki itu kotor dan penuh bakteri, maka gangguan kulit di kaki pun akan sering dialami. Kutu air, kurap, gatal-gatal hingga jamur umumnya sering dialami oleh orang-orang di musim penghujan.

Masalah utama selama musim hujan adalah kelembapan dan keringat yang tinggi, sedangkan kaki yang sering bersentuhan langsung dengan air hujan adalah salah satu area di mana kuman menumpuk dan bau terbentuk. “Kaki menanggung beban musim hujan yang lebih berat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dan untuk alasan ini, kaki membutuhkan perawatan khusus. Kamu dapat menghindari infeksi kaki dan jari kaki selama musim ini dengan melakukan perawatan kaki yang lebih rutin” , kata pakar kecantikan Shahnaz Husain.

Lalu bagaimana merawat kaki agar tidak mengalami berbagai masalah kulit serta bebas jamur di musim hujan seperti saat ini?

  1. Selalu cuci kaki setiap dari luar rumah
    Cara pertama untuk mencegah infeksi jamur kaki di musim hujan adalah dengan mencuci kaki setiap kali setelah dari luar rumah. Apalagi jika saat di luar rumah kakimu beberapa kali terkena genangan air yang pastinya kotor dan penuh bakteri. Mencuci kaki dengan bersih dan menggunakan sabun dapat menangkal jamur dan bakteri berkembang biak terutama di sela-sela jari kaki.
  2. Keringkan alas kakimu
    Seringkali, setelah berjalan-jalan selama musim hujan di mana tanahnya basah dan banyak genangan air, alas kaki yang kamu kenakan cenderung menjadi basah. Untuk mencegah infeksi jamur, jangan pernah memakai alas kaki basah. Pastikan kamu mengeringkan sepatu atau sandal semalaman agar kering kembali saat kamu mengenakannya keesokan harinya. Usahakan untuk mengeringkan alas kaki di bawah terik matahari, sehingga kamu juga akan mendapat manfaat dari sinar UV yang membunuh bakteri pada alas kakimu.
  3. Pastikan memakai kaus kaki yang benar-benar kering juga
    Sama seperti sepatu basah, kaus kaki yang basah juga akan menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh subur pada area kaki. Selain itu, kaus kaki basah atau lembab yang dipakai akan menimbulkan bau tak sedap pula. Karena itulah ganti kaus kakimu begitu basah, dan pastikan untuk selalu mengenakan kaus kaki yang benar-benar kering.
  4. Potong kuku kaki lebih sering di musim hujan
    Kuku jari-jari kaki yang panjang tak hanya akan mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi sarang bakteri, kuman dan kotoran apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Pastikan untuk memotong kuku lebih sering, dan pakailah krim antiseptik atau antibiotik jika kulit sekitar kuku kakimu kering atau rusak.
  5. Kenakan alas kaki yang terbuka
    Sepatu tertutup di musim hujan cenderung meningkatkan kadar kelembapan pada kaki, sehingga membuat kaki lebih rentan terkena infeksi jamur. Apalagi di musim hujan yang lebih lembab dan basah seperti sekarang ini. Karena itulah banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengenakan sepatu berujung terbuka untuk menjaga agar kaki tetap terkena udara dengan baik.
Baca juga :  5 Alasan Pasangan Yang Benar-benar Bahagia Ga Pernah Umbar Kemesraan di Sosmed, Kamu Termasuk?
Baca juga :  Daftar Pusat Perbelanjaan Ternama di Palembang, Cocok Untuk Spot Nongkrong

Itulah beberapa tips untuk mencegah kaki terkena infeksi jamur dan bakteri terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Pastikan pula untuk mencuci kaki dan membersihkan hingga sela jari-jari, untuk mencegah bakteri tumbuh disana. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...