Home Gaya hidup Cegah Perut Gendut Usai Lebaran dengan Mengkonsumsi Sayuran Super Ini!

Cegah Perut Gendut Usai Lebaran dengan Mengkonsumsi Sayuran Super Ini!

TELENEWS.ID – Siapa yang kurang mengkonsumsi sayuran dan serat selama Lebaran kemarin? Mungkin banyak pembaca Telenews yang kurang mengkonsumsi sayuran lantaran terlalu banyak menyantap kue kering dan makanan khas Lebaran yang kebanyakan di dominasi oleh olahan daging.

Mungkin sekarang kamu akhirnya menyadari perutmu yang sebelumnya agak rata selama berpuasa, kini tampak agak buncit alias gendut. Nah jika ini terjadi, ada baiknya kamu kembali memperbaiki pola makanmu yang sebelumnya mungkin sudah teratur selama Ramadan kemarin.

Selain itu, perut yang gendut juga menjadi salah satu tanda terganggunya kesehatan seseorang. Selain itu perut buncit atau gendut juga bisa membuat seseorang lebih berisiko terkena penyakit berbahaya. Namun tentu saja menghilangkan lemak yang menumpuk di perut bukalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jika tujuanmu adalah menghilangkan lemak perut, tidak ada makanan ajaib yang bisa mewujudkannya. Ini lebih tentang membuat perubahan kecil dalam diet dan rutinitas olahraga, untuk menjalani gaya hidup yang sehat dan seimbang. Salah satu cara kamu dapat melakukannya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran setiap hari.

Sayuran kaya serat dan nutrisi serta mineral, menjadikannya makanan penting untuk dimasukkan dalam menu harian kamu. Menurut Courtney D’Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, sayuran terbaik untuk membantu mencapai tujuan penurunan berat badan dan mengecilkan lemak perut adalah bayam!

“Bayam sarat dengan nutrisi, yang membuatnya sangat bergizi dan sehat untuk tubuh,” kata D’Angelo. “Sayuran ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan; yang semuanya telah cukup efektif membantu menyusutnya lemak perut” imbuhnya lagi.

Menurut D’Angelo salah satu alasan yang menjadikan bayam sebagai salah satu sayuran terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, adalah kandungan seratnya yang tinggi.

“Selain itu, bayam adalah sayuran rendah kalori, tetapi juga sangat tinggi serat. Makan serat membantu kita merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan,” kata D’Angelo. “Serat juga membantu pencernaan dan penyerapan makanan, yang akan membantu menjaga metabolisme tetap terkendali” lanjutnya lagi.

Baca juga :  6 Alasan Ilmiah Mengapa Kurma Wajib Menjadi Menu Buka Puasa

Bayam kaya akan serat tidak larut yang merupakan elemen kunci yang membantu dalam penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institute of Health mengevaluasi penggunaan bayam untuk menurunkan berat badan.

Studi ini meneliti beberapa wanita yang sedang menjalani program penurunan berat badan selama tiga bulan. Studi lebih lanjut menguraikan wanita yang mengkonsumsi 5 gram bayam setiap hari, menunjukkan penurunan berat badan 43 persen lebih besar daripada yang lain.

Selain kandungan seratnya yang tinggi, bayam juga kaya akan protein. Jika kamu ingin mendapatkan tambahan protein yang cukup, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam dalam keadaan matang. Ini karena satu cangkir bayam yang dimasak, sama dengan sekitar 5 gram protein dan satu cangkir bayam mentah hanya memiliki kurang dari satu gram protein saja!

Baca juga :  6 Alasan Ilmiah Mengapa Kurma Wajib Menjadi Menu Buka Puasa

“Bayam juga mengandung protein, yang membantu kita mengurangi lemak, membangun otot tanpa lemak, dan merasa kenyang. Ini sama fungsinya seperti serat,” kata D’Angelo. “Memenuhi kebutuhan protein, sangat penting untuk mengecilkan lemak perut, dan bayam membantu kita mencapainya” begitu kata D’Angelo menambahkan.

Seperti yang disebutkan diatas, ada baiknya kamu mengkonsumsi bayam dalam keadaan matang. Kamu bisa merebus bayam dan menjadikannya sebagai sayuran pendamping yang bisa kamu konsumsi usai Lebaran tahun ini. Kamu juga bisa menjadikannya sup, sayur bening bahkan smoothies.

Bayam juga harganya relatif murah dan mudah didapat, jadi tidak ada alasan lagi kamu menunda mengkonsumsi bayam untuk mencegah perut menjadi buncit setelah Lebaran ini guys! (YuyunAmalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...