Home Gaya hidup Cemburu Sama Mantannya Pasangan Seperti Henny Rahman? Mungkin Kamu Terkena Retroactive Jealousy

Cemburu Sama Mantannya Pasangan Seperti Henny Rahman? Mungkin Kamu Terkena Retroactive Jealousy

TELENEWS.id – Prahara antara Henny Rahman, Alvin Faiz dan Larissa Chou kembali memanas. Belum lama ini beredar kabar yang menyebut bahwa Henny Rahman cemburu pada Larissa Chou yang tak lain adalah mantan istri dari Alvin Faiz, suami Henny sekarang ini.

Hal itu diungkapkan oleh karyawan Larissa yang menyebut bahwa sikap cemburu Henny menyebabkan ia mengekang Alvin hingga melarang putra almarhum ustadz Arifin Ilham itu menemui Yusuf, putra hasil pernikahannya dengan Larissa.

“Mau cerita nih kelakuan mantan bos dan istri barunya gimana boleh ya guys? Karena kita sudah muak juga serius,” buka tim Larissa Chou melalui story akun Instagram milik mereka. “Sampai IG Yusuf dihilangkan karena cemburu, WA salah satu dari kita juga diblok lebih tepatnya yang ngasuh Yusuf, karena cemburu,” tutur mereka lagi.

Namun tudingan ini ditepis oleh Henny. Bahkan Henny mengaku ia tak cemburu pada Larissa karena merasa lebih cantik dan lebih baik dari mantan istri Alvin Faiz itu.

“Dan maaf aku nggak pernah cemburu sama kamu. Jujur aja, karena Bang Alvin dan keluarganya selalu bilang aku jauh lebih baik dan lebih cantik dari kamu. Semua keluarganya satu-satu bilang, jadi nggak ada alasan aku cemburu sama kamu,” buka Henny Rahman.

Sayangnya balasan Henny itu justru membuatnya semakin menjadi bulan-bulanan warga net. Banyak netizen yang menyebut Henny sebenarnya sedang insecure dan cemburu dengan Larissa Chou yang tak lain adalah mantan istri dari suaminya sekarang ini.

Sejatinya kecemburuan seseorang terhadap masa lalu pasangan seperti yang dialami Henny Rahman itu wajar dalam dunia percintaan. Bahkan ada istilah untuk fenomena ini yang disebut sebagai retroactive jealousy. Apakah itu?

Retroactive jealousy atau kecemburuan retroaktif, kadang-kadang dikenal sebagai kecemburuan retrograde atau kecemburuan retrospektif; berarti minat yang tidak sehat atau obsesi pada hubungan seksual dan romantis pasangan di masa lalu. Artinya kamu yang mengalami retroactive jealousy, akan merasa terus cemburu, terancam dan insecure dengan mantan-mantan pasanganmu yang sekarang ini.

Baca juga :  Minuman Tradisional Populer Sebagai Pencegah Covid-19

Patrick Cheatham, seorang psikolog klinis di Portland, Oregon; menyebut bahwa seseorang mengalami retroactive jealousy, sebab dia merasa hubungan pasangan di masa lalu dengan mantan-mantannya bisa mempengaruhi atau memprediksi hubungan mereka saat ini.

“Apakah menurutmu masa lalu pasangan memprediksi sesuatu tentang hubungan kalian saat ini, atau membuat kamu merasa tidak bisa mempercayai mereka? Kuncinya adalah kamu harus memahami dulu kecemburuanmu. Setelah kamu memahami arti kecemburuan, kamu dapat mulai menghadapi ketakutan itu,” kata Cheatham.

Kecemburuan retroaktif dikaitkan dengan pikiran obsesif. Pikiran-pikiran ini kemudian mengarah pada tindakan negatif yang tidak sehat yang memengaruhi hubunganmu dengan pasangan saat ini. Jenis kecemburuan ini berpusat pada kurangnya rasa menghargai diri sendiri. Seringkali, orang yang mengalami RJ membandingkan dirinya atau hubungannya saat ini dengan hubungan pasangan mantannya yang sebelumnya.

Mengalami RJ tak selamanya membuat kamu menjadi orang yang jahat. Hanya saja jika dibiarkan tentu akan membuat hubunganmu dengan pasangan yang sekarang menjadi toxic. Kamu terus merasa cemburu, insecure, tak percaya dan merasa kamu tidak lebih baik dibandingkan dengan mantan pasanganmu yang terdahulu.

Baca juga :  Tips Alami Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab, Hijaber Wajib Coba Nih!

Mengatasi retroactive jealousy tentu sulit, tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Memahami kalau sikapmu ini bisa memengaruhi pasangan secara negatif, dapat membantu untuk menghentikan obsesimu terhadap mantan-mantannya yang dulu. Dengan begini kamu bisa mulai mencoba mencintai dan mendukung pasangan seperti yang kamu inginkan.

Selain itu berhentilah untuk kepo dan mencari tahu mengenai mantan-mantannya pasanganmu yang sekarang, Pahami bahwa kalian sudah memulai hidup masing-masing, sehingga kamu tidak perlu untuk terus-terusan membandingkan dirimu dengan mantannya pasanganmu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...