Home Travel Kuliner Cerita Dibalik Nama Kue Pancong Balap di Kota Bekasi

Cerita Dibalik Nama Kue Pancong Balap di Kota Bekasi

TELENEWS.ID – Bagi pecinta kuliner yang melewati atau jalan-jalan di sekitar Kota Bekasi, ada salah satu kuliner yang wajib dicoba. Pancong Balap, itulah namanya. Kuliner tersebut sudah dikenal cukup lama bagi warga terutama anak-anak muda di kota tersebut. Ciri khas nya sendiri, Pancong Balap memiliki rasa manis dan gurih.

Selain rasanya yang bisa bikin ketagihan, jajanan ini merupakan salah satu favorit karena harganya yang terbilang murah dan mudah ditemukan karena banyaknya kedai Pancong Balap di Kota Patriot tersebut. Sebenarnya, kedai Pancong Balap tidak hanya menyediakan kue Pancong Balap, karena di daftar menunya terdapat banyak pilihan seperti warkop (warung kopi) pada umumnya seperti aneka mie dan minuman. Termasuk dari susunannya tempatnya.

Tapi meskipun kedai nya tampak seperti warkop, pemilik kedai tetap menggunakan nama kedai Pancong Balap sebagai pembeda dari warkop pada umumnya. Berbicara tentang Pancong Balap, pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa kue tersebut dinamakan Pancong Balap.

Dilansir dari media lokal Kota Bekasi yang mewawancarai pemilik kedai Pancong Balap, kata ‘balap’ setelah pancong berkaitan dengan durasi waktu kue tersebut yang cepat matang dalam proses memasaknya, bahkan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk siap disajikan.

Sebagai informasi tambahan, Pancong Balap sendiri sudah ada sejak tahun 1980an di Kota Bekasi. Kemudian Pancong Balap juga memiliki perbedaan dengan pancong khas betawi, hal itu karena pancong betawi terbuat dari kelapa parut dan tepung beras, sedangkan Pancong Balap terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, gula dan telur selayaknya adonan kue cubit. Hanya saja proses memasaknya di dalam cetakan kue pancong.

Dan uniknya lagi, selain disajikan secara matang, Pancong Balap juga bisa disajikan setengah matang dan rasanya tetap enak. Bahkan kebanyakan pelanggan kue ini lebih suka memesan Pancong Balap setengah matang.

Baca juga :  Di Pesisir Nudist Ini, yang Pakai Baju Bisa Dipenjara

Untuk varian rasanya, Pancong Balap yang original memiliki topping keju, keju susu dan keju coklat susu. Namun seiring kreasi para pembuat kue tersebut, toppingnya bertambah dengan menggunakan selai coklat, kacang, biskuit dan masih banyak lagi.

Dan terakhir harganya, Pancong Balap bisa dibeli dengan hanya Rp 5000-Rp 6000 saja. Jadi gimana, ada yang mau ke Bekasi untuk mencicipi Pancong Balap yang original ? (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....