Home Gaya hidup Kesehatan Cocok Dikonsumsi Setelah Makan Daging Kurban, 2 Jenis Buah Terbaik untuk Menurunkan...

Cocok Dikonsumsi Setelah Makan Daging Kurban, 2 Jenis Buah Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

TELENEWS.ID – Kolesterol menjadi hal yang ditakutkan dan dikeluhkan oleh orang setelah Idul Adha seperti sekarang ini. Pasalnya selama Idul Adha, banyak orang yang kelepasan mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan kenaikan kolesterol dalam tubuh.

Namun sejatinya, kolesterol sendiri adalah hal normal yang ada di dalam tubuh manusia. Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu tubuh mencerna makanan. Tubuh membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya. Artinya mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu menyebabkan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Saat kolesterol dalam darah menjadi tinggi, tubuh dapat mengalami penimbunan lemak di pembuluh darah. Jika dibiarkan, endapan ini tumbuh dan semakin menebak, sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Terkadang endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba, dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Masalahnya beberapa jenis makanan tertentu seperti daging merah, diketahui bisa menyebabkan kolesterol meninggi jika dikonsumsi secara berlebihan. Daging merah, makanan yang digoreng, dan makanan yang dipanggang terkenal karena meningkatkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), jenis lemak lengket yang bisa menumpuk di dinding arteri.

Untungnya, kita dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Peneliti sendiri merekomendasikan dua jenis buah terbaik untuk menurunkan kolesterol, yaitu:

  1. Apel
    Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi, dan mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin. Menurut Mayo Clinic, serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein), dengan mengurangi kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah.
Baca juga :  Disarankan Dikonsumsi Saat Pandemi, ini 6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tetapi pektin yang ditemukan dalam apel adalah yang terbaik untuk penurun kolesterol dari sumber buah.

Studi lain juga telah menemukan bahwa jumlah serat baik serat tidak larut dan pektin yang ditemukan di dua apel berukuran sedang (masing-masing sekitar 6 ons), mampu menurunkan kolesterol total hingga 10% dan meningkatkan kolesterol HDL sekitar 10%.

  1. Alpukat
    Selain apel, alpukat menjadi buah kedua yang cukup ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Buah ini adalah sumber lemak sehat dan menurut Harvard Health, lemak sehat dapat menggantikan lemak yang tidak sehat sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Alpukat adalah sumber nutrisi yang serta asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan alpukat ke diet, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Lemak tak jenuh, jenis yang ditemukan dalam alpukat; dianggap sebagai jenis lemak yang sehat. Dan alpukat tidak memiliki kolesterol sama sekali. Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, menjadikan alpukat sebagai makanan yang menyehatkan jantung.

Baca juga :  Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

Selain itu menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association, mengkonsumsi satu alpukat per hari dapat menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah (LDL), atau dikenal sebagai kolesterol “jahat”. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...