Home Gaya hidup Cocok Dipakai Saat Harga Minyak Goreng Mahal, 3 Manfaat Memakai Air Fryer...

Cocok Dipakai Saat Harga Minyak Goreng Mahal, 3 Manfaat Memakai Air Fryer untuk Kesehatan

TELENEWS.ID – Bisa dibilang bahwa saat ini harga minyak goreng belum stabil di pasaran. Meskipun produknya ada, namun di beberapa tempat harganya masih sangat mahal sekali.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa hampir di sebagian besar belahan dunia kini tengah mengalami krisis minyak goreng. Menurutnya hal ini terjadi sebagai efek perang Rusia-Ukarina yang tak kunjung usai.

“Permasalahan minyak goreng tidak terlepas dari masalah yang dihadapi di dunia sekarang. Di saat pandemi belum juga selesai, dunia dihadapkan ada perang Rusia-Ukraina yang memicu kenaikan harga terutama pangan dan energi,” Kata Menko Luhut.

Meskipun begitu Luhut meyakini harga minyak curah akan kembali pada kisaran 14 ribu Rupiah, kurang lebih selama dua minggu ke depan. “Penerapan DMO dan DPO ini kita harap bisa konsisten membuat harga minyak goreng stabil. Dalam 2-3 minggu ke depan akan kita lihat hasilnya,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual.

Mahalnya harga minyak goreng yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan ini membuat banyak orang kemudian mencari alternatif lain untuk memasak. Salah satunya kini semakin booming produk air fryer yang memungkinkan orang untuk memasak dan menggoreng hanya dengan sedikit bahkan tanpa minyak sama sekali.

Namun terlepas dari namanya, penggorengan udara atau air fryer tidak “menggoreng” makanan. Tidak seperti deep fried, yang mengandalkan merendam makanan dalam minyak yang banyak dan panas, air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas dengan cepat dan merata di sekitar makanan. Aliran udara dikombinasikan dengan suhu tinggi sekitar 176 hingga 204 derajat celcius, membuat lapisan luar makanan menjadi renyah tanpa mengeringkan bagian tengahnya.

Penggunaan minyak yang sedikit bahkan tidak sama sekali membuat air fryer dianggap sebagai solusi saat harga minyak mahal. Selain itu air fryer juga dianggap memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti:

  1. Air fryer mengurangi jumlah akrilamida dalam makanan
    Makanan yang digoreng mengandung akrilamida dalam jumlah tinggi. Akrilamida sendiri adalah zat yang terbentuk saat karbohidrat dipanaskan hingga suhu tinggi, yang disebut sebagai pemicu penyakit jantung. Penelitian juga mengklasifikasikan akrilamida sebagai karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.
Baca juga :  Cara Mudah Jaga Sistem Imun Tubuh Menjelang Liburan

Kabar baiknya adalah alat air fryer tampaknya menghasilkan jumlah akrilamida yang lebih rendah. Faktanya, satu studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa kentang yang digoreng dengan air fryer memiliki akrilamida 90% lebih sedikit dibandingkan dengan versi yang di-deep fried.

  1. Air fryer membuat makanan jadi lebih rendah kalori
    Manfaat lain dari air fryer adalah alat ini memangkas kalori, karena hanya membutuhkan minyak yang jauh lebih sedikit. Misalnya makanan yang digoreng dengan air fryer, mungkin hanya membutuhkan satu sendok teh minyak yang artinya hanya menambahkan 40 kalori saja. Sebaliknya makanan yang digoreng secara konvensional dapat menambah sekitar 120 kalori. Karena itulah tak heran air fryer begitu populer dikalangan orang-orang yang sedang berdiet, dan menurunkan berat badan mereka.
  2. Air fryer tidak menghasilkan senyawa beracun yang ditemukan dalam makanan yang digoreng
    Mengurangi minyak melalui air fryer juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Misalnya ketika minyak digunakan kembali untuk menggoreng, kualitasnya tentu menurun dan menghilangkan antioksidan pada makanan. Selain itu penggunaan minyak goreng berulang juga memproduksi bahan kimia berbahaya yang disebut spesies oksigen reaktif.
Baca juga :  Workaholic Bukan Pekerja Keras

Mengkonsumsi makanan dengan lebih sedikit antioksidan dan lebih banyak oksigen reaktif ini membahayakan sistem pertahanan tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit. Kondisi juga dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Dengan menggunakan air fryer itu artinya kita hanya memakai sedikit minyak saja, sehingga mengurangi risiko pemakaian minyak goreng secara berulang. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...