Home Gaya hidup Cocok Untuk Menjaga Kesehatan Mental, Ini 4 Cara Sederhana Melakukan Self Healing

Cocok Untuk Menjaga Kesehatan Mental, Ini 4 Cara Sederhana Melakukan Self Healing

TELENEWS.ID – Istilah self healing mungkin sering kamu dengar belakangan ini. Berbagai platform media sosial terutama TikTok, sering menunjukkan mengenai proses self healing yang memiliki manfaat bagi kesehatan mental mereka yang melakukannya.

Tapi apakah kamu tahu sebenarnya apa itu self healing atau penyembuhan diri itu? Sejatinya self healing mengacu pada hal-hal yang seseorang lakukan baik secara sadar dan tidak sadar, untuk memulai pemulihan internal untuk sepenuhnya sembuh dari luka, penyakit, atau ketidakseimbangan apapun.

Kita menyaksikan kemampuan tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya sendiri setiap kali kita sembuh dari luka atau memar, dan bukannya mustahil hal itu juga bisa kita lakukan untuk menyembuhkan luka batin dalam diri sendiri

Lalu siapa saja sih orang-orang yang membutuhkan self healing itu? Sejatinya hampir setiap orang membutuhkan yang namanya self healing. Ini karena pasti yang namanya manusia, mengalami luka batin yang membekas dan bahkan tak sedikit yang meninggalkan trauma mendalam di hati mereka.

Kita mungkin semua berjuang dengan sisa-sisa tantangan emosional atau fisik di masa lalu. Jadi kita semua mungkin akan mendapat manfaat dari beberapa penyembuhan diri. Namun, penyembuhan diri mungkin menawarkan manfaat yang lebih besar bagi mereka yang merasa sangat termotivasi untuk terlibat dalam proses penyembuhan diri, yaitu meluangkan waktu untuk menerapkan teknik dan aktivitas penyembuhan diri dalam kehidupan mereka.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk self healing, salah satunya yang cukup populer adalah meditasi. Namun selain meditasi, ada berbagai cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk self healing yang punya manfaat untuk kesehatan mentalmu, seperti:

  1. Jalan-jalan
    Ini adalah teknik paling sederhana dan efektif yang dapat diterapkan. Pikiran dan emosi kita melekat langsung pada biologi tubuh kita. Orang yang terus bergerak seperti ketika mereka jalan-jalan, lari, berenang, atau aktivitas fisik semacam itu; akhirnya mengembangkan penyembuhan diri yang diinginkan. Cobalah berjalan-jalan setiap hari, baik di pagi atau malam hari dan lihatlah manfaatnya pada kesehatan secara keseluruhan.
  2. Berbaring dengan tenang dan relaks
    Relaksasi sangat penting untuk penyembuhan diri dengan memberikan pikiran, tubuh, dan jiwa kesempatan untuk melupakan semua masalah untuk beberapa saat. Relaksasi semacam ini bisa dilakukan dengan berbaring dengan santai, dan sejenak melupakan permasalahan yang dialami. Ini karena pikiran dan tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk meremajakan dan menyembuhkan.
  3. Membantu orang lain
    Mungkin kamu pernah mendengar ucapan bahwa untuk menyembuhkan diri sendiri, kamu juga harus membantu menyembuhkan orang lain pula. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada membantu orang lain karena melalui ini, kita melangkah keluar dari masalah kita dan memberikan belas kasih untuk orang lain yang lebih bermasalah daripada kita. Ini adalah hal yang kecil tetapi dapat membawa efek yang hebat untuk menyembuhkan batin sendiri.
  4. Ngobrol dengan teman-teman yang positif
    Ada orang yang melakukan self healing dengan menyendiri, namun ada juga yang menemukan penyembuhan diri dengan mengobrol bersama dengan orang lain. Kalau kamu tipe yang kedua, maka kamu bisa berbagi kisah dengan teman-temanmu yang memiliki vibe positif. Berbicara dengan orang lain tentang masalah, depresi, dan pikiran negatif yang kamu rasakan; adalah langkah yang berguna dalam penyembuhan diri.
Baca juga :  Ingin Beli Hampers Lebaran Online? Baca 6 Tips Ini Dulu Yuk!
Baca juga :  Inovasi Baru Alat Deteksi Diabetes Pakai Sensor Cahaya

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk self healing. Kamu juga bisa mempraktikkan hal lain seperti yoga dan meditasi, sebagai cara sederhana untuk penyembuhan diri sendiri dan demi kesehatan mentalmu pula. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Thomas Cup 2022 Usai, Ternyata Ada Skor Tertukar Sampai Pamitnya Mohammad Ahsan

TELENEWS.ID – Thomas Cup 2022 telah usai, secara mengejutkan Tim Thomas Cup India dan Tim Uber Cup Korea Selatan berhasil keluar sebagai...

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...