Home Nasional Covid -19,Bawaslu Berharap Ada Pasal Sapu Jagat di Pilkada 2020

Covid -19,Bawaslu Berharap Ada Pasal Sapu Jagat di Pilkada 2020

TELENEWS. id, JAKARTA -Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mengharapkan ada pasal sapu jagat dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pilkada. 

Abhan mengungkapkan, pasal itu untuk mengatur semua permasalahan yang timbul di tengah ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan dalam Perppu nanti ada pasal-pasal sapu jagat. Yang artinya Komisi Pemilihaj Umum (KPU) dapat melakukan perubahan PKPU dengan tidak melampaui UU Pilkada,” kata Abhan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/5/2020)

Menurut dia, pasal sapu jagat dibutuhkan sebagai petunjuk  KPU dalam menyusun Peraturan KPU (PKPU). Peraturan turunan yang secara teknis menyelenggarakan tahapan pilkada dengan tidak melanggar norma-norma dalam Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Misalnya saja, dalam UU Pilkada mengatur tahapan verifikasi data pemilih harus berlangsung secara tatap muka. Padahal, jika pemungutan suara Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember, enam bulan sebelumnya tahapan pemilihan sudah mulai dilaksanakan termasuk verifikasi data pemilih.

Namun, kata Abhan, saat itu belum dipastikan pandemi Covid-19 sudah berakhir. Di sisi lain, jika memang Pilkada 2020 tetap digelar di tengah pandemi Covid-19, maka harus ada protokol pencegahan penyebaran virus Corona.

Salah satunya, menghindari pertemuan fisik dalam pemutakhiran data pemilih itu yang diatur regulasi selama masa pandemi ini.

Abhan menyatakan, saat ini tidak memungkinkan untuk KPU, Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kementerian Dalam Negeri, dan juga Komisi II DPR RI melakukan revisi UU Pilkada di tengah pandemi.

Akan tetapi, hal-hal yang belum diatur dalam UU dapat diakomodasi dengan Perppu sebagai landasan hukum penundaan Pilkada 2020.

“Mudah-mudahan Perppu segera selesai. Karena ini akan jadi pijakan KPU melakukan revisi PKPU tahapan Pilkada 2020,” tambahnya (Rio)

Baca juga :  Telah Mundur Sebagai Hakim,Pertamina Sebut Anwar Sebagai Komisaris PPN Tidak Merangkap Jabatan
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Agar Tak Salah Pilih, Pertimbangkan 5 Faktor Ini Dulu Sebelum Membeli Tote Bag!

TELENEWS.ID - Praktis, simpel, dan memiliki banyak desain menjadikan tote bag sebagai pilihan banyak orang. Belakangan ini tas jinjing atau tote bag...

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...