Home Gaya hidup Cooking Daging Ayam Mulai Mahal Jelang Ramadan, 5 Makanan Bergizi dari Tumbuhan Ini...

Daging Ayam Mulai Mahal Jelang Ramadan, 5 Makanan Bergizi dari Tumbuhan Ini Bisa Jadi Gantinya!

TELENEWS.ID – Daging ayam menyusul komoditas lain yang naik harganya menjelang ramadan tahun 2022 ini. Di beberapa pasar tradisional di nusantara, harga daging ayam dikabarkan melonjak naik menembus kisaran harga Rp. 34-36.000,00 per-kilogramnya.

“Sekarang ayam dijual di angka Rp 33-34 ribu per kilogram,” ujar salah satu pedagang ayam di pasar Garut. “Kalau tahun lalu angka Rp 34 ribu itu sudah berada dalam ramadan, saat ini sebelum masuk ramadan saja sudah Rp 34 ribu,” tambahnya lagi.

Kenaikan harga daging ayam ini tidak lantas membuat kita kehilangan begitu saja sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam boleh mahal, namun kita bisa menggantinya dengan aneka makanan lain berbahan tumbuhan atau plant based food yang memiliki nilai gizi yang hampir sama dengan daging ayam.

Valerie Goldstein, RD adalah ahli diet di Iselin, New Jersey menjelaskan mengenai gaya hidup plant based diet atau mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

“Makanan berbasis tanaman termasuk buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, biji-bijian, dan kacang-kacangan; berarti memilih lebih banyak makanan dari sumber nabati bukan hewani” ujarnya menjelaskan.

Valerie menyebut tak harus menjadi seorang vegetarian untuk menikmati dan mendapatkan manfaat dari makanan yang berbasis atau berasal dari tumbuhan ini. “Ini tidak berarti bahwa kamu menjadi vegetarian dan tidak pernah makan daging atau susu. Tapi kamu secara proporsional memilih tanaman sebagai dasar dari apa yang kamu makan sehari-hari” ujarnya menambahkan.

Selain itu Chris Mohr, Ph.D., R.D., menyebut bahwa plant based diet berarti mengisi sebagian besar piring kita dengan makanan dari tumbuhan. “Pola makan nabati bagi saya berarti mengisi setidaknya setengah dari piring setiap kali makan dengan produk dari tumbuhan” ujar Chris.

“Saya tidak merasa nabati harus berarti bebas daging; alih-alih saya melihatnya sebagai mengkonsumsi lebih banyak tanaman dan tidak mengkonsumsi daging selama paling tidak selama seminggu setiap bulannya” katanya lagi.

Lalu apa saja sih makanan dari tumbuhan yang bisa dijadikan pengganti daging ayam?

  1. Tahu dan tempe
    Bahan makanan berbasis tumbuhan yang cocok jadi pengganti daging ayam adalah tahu dan tempe. Kamu mungkin tidak menganggap tahu atau tempe sebagai sayuran, tetapi tahu atau tempe adalah bahan makanan terbuat dari kedelai. Tahu adalah sumber protein vegetarian klasik yang terbuat dari susu kedelai kental yang ditekan menjadi balok putih padat. Tahu yang kenyal, dan menyerap rasa dengan baik; menjadikannya salah satu pengganti ayam tertua yang ada. Senada dengan tahu, tempe juga bisa menjadi alternatif pengganti daging ayam yang baik, karena mengandung lebih banyak protein, serat, dan vitamin.
  2. Nangka muda
    Orang Indonesia tentu sangat familiar dengan nangka muda yang dibuat menjadi sayur atau gulai. Nangka memiliki tekstur yang lembut, lumer di mulut, dan paling cocok digunakan dalam resep yang menggantikan potongan ayam. Daging buah nangka merupakan sumber vitamin C yang baik dan bijinya merupakan sumber protein, kalium, kalsium, dan zat besi. Alasan mengapa nangka muda digemari menjadi pengganti daging yang begitu populer adalah karena tekstur dan konsistensinya berserat dan empuk, seperti suwiran ayam atau babi.
  3. Terong
    Terong memiliki rasa yang kaya dan sangat serbaguna. Terong selalu tersedia secara berlimpah, dan juga merupakan alternatif yang lebih murah dan sama-sama enak dan mengenyangkan untuk steak dan burger panggang. Terong rendah kalori dan sodium, dan merupakan sumber serat makanan, potasium, dan vitamin B yang bagus.
  4. Kembang kol
    Cauliflower atau kembang kol juga sangat bagus dikonsumsi sebagai sumber protein pengganti daging ayam yang mahal harganya. Kembang kol selama beberapa tahun ini, cukup populer sebagai alternatif vegan yang untuk daging ayam. Untuk vitamin dan nutrisi, satu porsi kembang kol memiliki 100% dari jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Sedangkan 100 gram kembang kol mengandung 1,9 g protein dan 25 kalori.
  5. Kentang
    Selain tinggi kandungan karbohidratnya, kentang juga bisa jadi alternatif yang baik sebagai pengganti daging untuk masakanmu. Kentang adalah pengganti daging yang baik dan bergizi, karena ada kandungan protein, potasium, dan vitamin B di dalamnya. Kentang juga sangat serbaguna dan bisa menjadi pengganti daging yang sangat lezat.
Baca juga :  Agar Tak Seperti Lesti Kejora, Inilah Tips Mencegah Pingsan Mendadak Saat Sedang Hamil
Baca juga :  Tren Clean Beauty, Skincare Investasi Masa Depan

Nah itulah beberapa makanan berbahan tumbuhan yang bisa jadi alternatif saat harga daging ayam mulai mahal jelang Ramadan. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...