Home Metropolitan Dapat Pinjaman Dana, CBA harap Anies Selesaikan Tunggakan Pembayaran Pembangunan Infrastruktur...

Dapat Pinjaman Dana, CBA harap Anies Selesaikan Tunggakan Pembayaran Pembangunan Infrastruktur di Jakarta

Salah satu pembangunan flyover Lenteng Agung yang dikerjakan

TELENEWS. id, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi daerah pertama yang menerima utang atau pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). DKI Jakarta akan mendapat pinjaman Rp 12,5 triliun dan Jawa Barat Rp 4 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi meminta, agar DPRD DKI mendesak  Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan untuk  segera menyelesaikan pembayaran  proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang dikerjakan.

“Soal adanya pinjaman dana dari Pemerintah Pusat. Maka DPRD DKI harus desak Pak Gubernur DKI,  agar bisa membayar proyek – proyek pembangunan infrastruktur yang sedang dikerjakan para kontraktor saat ini, ” kata Uchok kepada telenews.id, Kamis (30/7/2020).


Sementara itu, kata Uchok,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini meminta  pembangunan tiga flyover dan memperpanjang satu underpass. Proyek tersebut adalah Flyover Tanjung Barat, Flyover Lenteng Agung, Flyover Cakung dan Underpass Senen Extension diselesaikan tahun 2020. Namun di sisi lain, sisa anggaran proyek pembangunan infratruktur tersebut belum dibayarkan juga oleh Pemprov DKI. 


“Nanti kalau tidak dibayar,  bisa ada krisis kepercayaan pada pemerintah Anies.  Ada lelang proyek di DKI, kontraktor tidak mau ikut, karena tidak ada lagi yang percaya dengan pemda DKI,” ujarnya. 

Berharap dibayarkan di tahun 2020 

Dalam kesempatan yang terpisah, Project Manager Jaya Kontruksi (Jakon) Endang Budiman mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya dana pinjaman dari pemerintah pusat tersebut,  sisa pembayaran proyek pembangunan Flyover Tanjung Barat,  Jakarta Selatan yang tengah dikerjakan saat ini dapat diselsaikan.

Sehingga pengerjaan pembangunan flyover  Tanjung Barat dapat selesai sesuai target pada akhir tahun 2020 ini. 

Baca juga :  Gubernur Anies Keluarkan Seruan Penggunaan Masker Bagi Warga DKI Untuk Cegah Covid-19

“Ya kami (PT Jakon) berharap dengan adanya pinjaman dana itu,  semua  sisa pembayaran terkait proyek  pembangunan flyover Tanjung Barat dapat selesai dan tidak miliki beban terhadap pihak managemen, ” kata Endang. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan mengatakan,  pinjaman tersebut akan dipergunakan di Ibu Kota. 

“Pendanaan ini untuk pengendalian banjir,  peningkatan pelayanan air minum,  pengelolaan sampah,  peningkatan infrastruktur transportasi,  peningkatan infrastruktur pariwisata dan kebudayaan dan olahraga, ” kata Anies dalam siaran langsung,  Senin (27/7/2020).

 Anie mengaku,  pembangunan itu diperlukan,  karena DKI mempunyai porsi cukup besar kepada Produk Domsestik Bruto Nasional. Sehingga, bila pemulihan ekonomi dipercepat di Ibu Kota, dampaknya juga akan menarik perekekonomian nasional. 

“Langkah tersebut seiring dengan peningkatan kegiatan penanganan Covid-19 secara proaktif. Kami ingin agar masyarakat sudah berkegiatan ekonomi,  pada saat bersamaan kegiatan tracing dan testing di Jakarta meningkat sangat signifikan, ” jelasnya. 

Baca juga :  PM Malaysia Perpanjang Pembatasan Perjalanan Sebagai Pencegahan Covid-19

Diketahui,  data dari Kementerian Keuangan,  Pemprov DKI jakarta mengajukan usulan pinjaman yaitu sebesar Rp 4,5 triliun untuk tahun 2020 dan Rp 8 triliun untuk tahun 2021 (Peter).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...