Home Teknologi Gadget Demi Kesehatan Mental, Gen Z Ramai Ramai Pakai Ponsel Kuno

Demi Kesehatan Mental, Gen Z Ramai Ramai Pakai Ponsel Kuno

TELENEWS.ID – Fenomena unik tengah terjadi di kalangan para kawula muda masa kini yang dijuluki ‘gen z’. Mereka beramai-ramai meninggalkan ponsel canggih dan memakai seri yang lebih jadul tanpa fitur karena mengklaim hal tersebut lebih baik bagi kesehatan mental.

Gen Z memang dikenal sebagai generasi yang tidak bisa lepas dari smartphone dan media sosial. Namun belakangan, banyak dari generasi tersebut yang justru beralih ke ponsel kuno karena merasa lebih sehat secara mental setelah menggunakannya.

Seperti dilansir oleh media Huck Magazine, seorang gen z bernama Eden mengisahkan perkenalannya dengan handphone jadul kala smartphonenya sempat rusak di awal tahun 2020 silam. Gadis berusia 22 tahun itu pun memutuskan untuk tidak membeli smartphone baru selama sebulan.

Di periode tersebut, Eden merasakan peningkatan besar-besaran dalam suasana hati dan kebebasan berpikirnya. Namun karena akhirnya kesulitan menghubungi orang terdekat, Eden pun memutuskan untuk membeli ponsel baru. Alih-alih membeli seri yang tengah ngetren, ia memilih ponsel Nokia 130 yang hanya bisa digunakan untuk SMS dan menelepon.

Bukan hanya Eden, seorang gen Z lain bernama Jade juga mengisahkan keputusannya untuk memakai ponsel jadul ketimbang smartphone. Gadis berusia 23 tahun itu mengaku sudah lama berniat untuk menggunakan ponsel jadul setelah membaca manga Jepang dari tahun awal 2000-an dimana semua karakternya menggunakan ponsel lipat atau flip phone. 

Pada mulanya, Jade menggunakan merek Nokia, namun akhirnya ia mantap beralih ke Motorola Razr V3. Jade mengaku masih sempat menggunakan iPhone XR nya selama beberapa waktu di bersamaan dengan flip phone, namun kini ia telah menjual iPhone tersebut.

Hal senada juga diungkap gen z lainnya bernama Mateo. Ia kini lebih banyak menggunakan ponsel jadul, namun memilih untuk masih menyimpan smartphonenya hanya demi fitur terbatas seperti WhatsApp dan membaca berita. Mateo mengaku bisa berpikir lebih tenang dan tak lagi terdistraksi setelah membatasi penggunaan smartphone.

Baca juga :  Bos TikTok Mundur Dari Jabatan, Alasannya: Biar Bisa Sering Melamun

Menurut hasil riset, gen z dilaporkan memiliki rata-rata screen time atau penggunaan layar smartphone sebanyak 29 jam 29 menit per minggu. Sebanyak 48% dari para pengguna tersebut pun mengaku kerap merasakan kecemasan, kesedihan dan depresi ketika menggunakan media sosial.

Seorang Profesor dari Nottingham Trent University, Dr. Daria Kuss, mengkonfirmasi manfaat peralihan ke ponsel jadul untuk kesehatan mental. Menurutnya, ponsel jadul hanya akan melibatkan pengguna dalam waktu yang sangat terbatas karena fungsinya yang lebih sederhana, yakni hanya membuat panggilan telepon dan mengirim pesan singkat.

Baca juga :  LG Akhirnya Menyerah! Tutup Divisi Ponsel

“Ini membebaskan banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman, dan terlibat dalam aktivitas rekreasi, yang meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan,” tukas dia. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...