Home Daerah Demi Piala Adipura, Pemkot Pekanbaru Benahi TPA Muara Fajar

Demi Piala Adipura, Pemkot Pekanbaru Benahi TPA Muara Fajar

TELENEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru fokus benahi TPA Muara Fajar. Langkah itu diambil demi mewujudkan impian daerah tersebut untuk dapat merebut kembali Piala Adipura.

Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi menyebut, fokus pembuangan sampah semestinya terkoneksi dengan baik dari hulu menuju hilir. Karena itu, pihaknya fokus melakukan pembenahan terhadap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar yang merupakan upaya pembenahan secara terpadu agar pembuangan sampah di hilir tidak lagi terkendala

Saat ini, lanjut dia, DLHK tengah fokus melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan di TPA Muara Fajar.

“Ada sejumlah penanganan yang tengah kita lakukan. InsyaAllah kalau semua berjalan dengan lancar. Hilir pembuangan sampah di Kota Pekanbaru bisa tertata dengan baik,” jelasnya.

Fokus penanganan TPA Muara Fajar ada beberapa tahapan yang dikerjakan, seperti pembuatan jalan operasi di atas sel sampah, perbaikan saluran lindi yang tersumbat, pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang, penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk

Kemudian penanaman rumput di atas tanah penutup, pemasangan pipa gas, meratakan timbunan sampah yang sudah menggunung, pengerukan lumpur di bak anaerobik di IPL, perbaikan jembatan timbang dan perbaikan pagar.

Untuk Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah, DLHK membutuhkan dua model alat berat yakni eskavator dan buldozer. Eskavator itu untuk memindahkan sampah dengan jarak paling pendek serta menggunakan lengannya untuk jarak yang panjang.

“Serta buldozer untuk memindahkan dan meratakan sampah dengan jarak sekitar 20 meter,” kata Hendra.

Dia berharap, dengan dilakukan pembenahan, mekanisme penanganan sampah di TPA Muara Fajar akan lebih tertata lebih baik kalau tahapan-tahapan perbaikan bisa kita maksimalkan. Dia juga berharap dukungan masyarakat Kota Pekanbaru agar pola penanganan sampah di TPA bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Baca juga :  Ma’ruf Amin Resmikan Pasar Rakyat Pariaman

“Harapan kita seperti itu sehingga penanganan sampah di hilir bisa tertata dengan baik dan bisa mengeliminir penumpukan seperti pola Sanitary Landfill,” tambahnya.

Ia menyebut konsep sanitary landfill di Indonesia yang saat ini terbaik penanganannya, ada di Balikpapan atau tepatnya di TPA Mandar.

“Saat ini kita mengacu seperti halnya TPA Mandar,” katanya. (Taufik)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...