Home Nasional Demonstrasi 21 April Oleh BEM UI, Sejumlah Jalan di Ibukota Dialihkan

Demonstrasi 21 April Oleh BEM UI, Sejumlah Jalan di Ibukota Dialihkan

TELENEWS.ID – Kamis (21/04/2022) bertepatan dengan Hari R.A Kartini, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kembali melakukan demonstrasi di pusat ibukota. Dilansir dari official twitter BEM UI @bemui_official, demonstrasi rencananya akan diadakan di kawasan Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Adapun demo ini menyampaikan tujuh poin tuntutan mahasiswa terhadap pemerintah. Salah satu dari ketujuh tuntutan tersebut adalah soal wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan kenaikan harga sembako.

BEM UI sendiri menyoroti konflik yang ditimbulkan akibat munculnya wacana perpanjangan masa jabatan presiden, penundaan pemilu 2024 hingga klaim big data yang tidak bisa dibuktikan. Padahal seluruh hal ini jelas melanggar konstitusi negara. Selain itu kenaikan harga bagan pokok, kesenjangan ekonomi dan permasalahan lainnya dianggap sebagai ketidaktegasan dan ketidaktepatan kebijakan pemerintah saat ini.

Dihimpun dari pernyataan yang disampaikan BEM UI melalui akun twitter resminya, demonstrasi akan dimulai dari pukul delapan pagi dengan titik kumpul di lapangan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Akibat dari rencana demo ini, polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan ibukota. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan akan ada tiga titik unjuk rasa yang akan digelar, yaitu di depan gedung DPR RI, Kawasan Patung Kuda, dan Harmoni.

Rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan juga akan dilaksanakan mulai dari jam sembilan pagi ini. Penutupan jalan pertama akan dilakukan di kawasan Patung Kuda menuju Istana Negara dan seterusnya.

Kedua adalah penutupan di Harmoni yang mengarah ke Istana Negara, Jalan Veteran 1,2, dan 3. Selanjutnya penutupan jalan akan dilakukan di depan gedung DPR RI dan MPR RI untuk pencegahan potensi anarkis yang kemungkinan terjadi seperti pada demo 11 April 2022 lalu.

Baca juga :  Kemenhub Perbolehkan Masyarakat Yang Kebutuhan Mendesak Untuk Mudik

Selain itu polisi tetap akan mencegah aksi demo agar tidak mengganggu persimpangan Harmoni dan arus kendaraan antara Harmoni dan Glodok. Arus kendaraan dari arah Glodok akan dialihkan ke Jalan Veteran, sedangkan arus kendaraan dari arah Jalan Veteran akan dialihkan ke Tomang.

Cadangan rencana yang juga akan dilakukan jika melihat banyaknya massa yang akan hadir adalah pengalihan arus kendaraan dari Jl. Suryopranoto ke arah Glodok. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...