Home Metropolitan Depok Akan Punya Underpass Baru, Biayanya Hingga 279,6 Miliar

Depok Akan Punya Underpass Baru, Biayanya Hingga 279,6 Miliar

TELENEWS.ID – Senin (14/2/2022) lalu, proyek terbaru di Depok, Jawa Barat sudah dimulai, yakni pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil datang langsung untuk melihat peletakan batu pertama.

Rencananya underpass jalan Dewi Sartika memiliki panjang penanganan jalan 970 meter dengan panjang underpass 470 meter. Underpass rencananya akan dibuat untuk dua jalur dengan lajur satu arah. Underpass memiliki lebar 11 meter dengan perkerasan badan jalan selebar 7 meter, serta trotoar 1 meter.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, pembangunan underpass ini adalah salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan di ruas jalan Dewi Sartika ke Margonda Raya. Pembangunan underpass ini adalah kolaborasi dari pemerintah daerah kota Depok dengan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Bambang juga menuturkan bahwa biaya pembebasan lahan untuk proyek underpass ini menelan APBD Kota Depok sebesar 189 miliar. Sedangkan untuk biaya konstruksinya menelan biaya sebesar 108,6 miliar dari APBD Pemprov Jawa Barat.

Menurut Ridwan Kamil, ditargetkan dalam 9 hingga 10 bulan ke depan proyek pembangunan underpass ini rampung, sehingga diakhir 2022 sudah dapat digunakan. Namun, Ridwan Kamil berharap akan lebih baik jika bisa lebih cepat diselesaikan dari target yang ditentukan.

Gubernur Jawa Barat ini juga meminta pekerja dibuatkan dua shift pengerjaan yaitu siang dan malam agar lebih cepat selesai. Ridwan Kamil juga menjanjikan penghargaan baik pihak yang terlibat jika pembangunan diselesaikan sebelum target yang ditentukan.

Selain pembangunan underpass, diisukan bahwa pemerintah provinsi Jawa Barat akan membuat monorel untuk integrasi lalu lintas Kota Depok. Namun hal ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Baca juga :  Tangani Jenazah Covid-19, DPRD DKI Pertanyakan Gaji Tukang Gali Kubur dan Sopir Ambulan Tidak Dapat Insentif

Terkait infrastruktur di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa Jawa Barat memiliki potensi investasi senilai 717 triliun rupiah untuk pengembangan di sektor utara dan selatan. Selain soal infrastruktur, investasi ini juga mencakup bidang industri terutama di Jabar Utara. Sedangkan di Jabar Selatan akan dikembangkan ekonomi kreatif seperti pariwisata dan pertanian. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...