Home Nasional Deretan Mitos Aneh Tentang Gerhana Bulan

Deretan Mitos Aneh Tentang Gerhana Bulan

TELENEWS.ID – Pada Rabu malam (26/5/2021), terjadi fenomena gerhana Bulan total yang bisa dilihat banyak orang dari berbagai daerah.

Matahari, Bumi dan Bulan yang berbaris sempurna menyebabkan gerhana Bulan total. Saat bergerak ke bagian terluar bayangan Bumi, Bulan diselimuti bagian paling gelap dari bayangan itu. Akan tetapi Bulan bukannya tampak gelap atau tak terlihat, melainkan memiliki cahaya jingga hingga merah darah.

Namun ternyata ada berbagai mitos tentang gerhana Bulan, seperti yang dikutip dari National Geographic berikut ini:

Menyembuhkan Bulan

Suku asli Amerika dari California Utara yaitu Hupa mempercayai bahwa Bulan memiliki 20 istri dan banyak hewan peliharaan.

Menurut cerita, hewan peliharaan tersebut adalah singa gunung dan ular, dan saat Bulan tidak memberi makan, hewan-hewan tersebut menyerang dan membuat Bulan berdarah.

Lalu istri Bulan datang untuk melindunginya dan ditandai dengan gerhana, mengumpulkan darahnya dan memulihkan kesehatannya.

Sedangkan suku lain di California yaitu Luiseno memiliki kepercayaan bahwa gerhana adalah tanda Bulan sedang sakit, sehingga anggota suku harus melatunkan nyanyian atau doa agar sehat kembali.

Raja pengganti

Director of the Griffith Observatory yaitu E. C. Krupp mengatakan bahwa orang-orang Mesopotamia menganggap gerhana Bulan sebagai serangan tujuh iblis ke bulan.

Budaya Mesopotamia tradisional menghubungkan segala sesuatu yang terjadi di langit dengan Bumi, karena budaya Mesopotamia percaya raja mewakili tanah sehingga gerhana bulan menjadi bentuk serangan terhadap raja mereka.

Krupp menjelaskan bahwa orang-orang Mesopotamia punya kemampuan untuk memprediksi gerhana bulan sehingga mengantisipasi hal itu dengan memasang raja pengganti sebagai penanggung beban serangan apa pun dan orang yang ditunjuk menjadi raja adalah orang yang ‘bisa’ dibuang.

Baca juga :  Jumat Keramat, Hari Sial Bagi Para Koruptor

Tetapi meski penggantinya tidak memiliki kekuasaan, dia diperlakukan dengan sangat baik selama gerhana, sementara itu raja yang sebenarnya menyamar sebagai warga biasa. Lalu setelah gerhana, raja pengganti akan menghilang entah kemana.

Melolong ke langit

Seorang peneliti di Lawrence Livermore National Laboratory di California bernama David Dearborn mengatakan bahwa gerhana bukanlah pertanda baik bagi suku Inca dalam hal astronomi.

Hal itu karena mereka percaya bahwa gerhana Bulan total menjadi berwarna merah darah karena seekor jaguar sedang menyerang dan memakan Bulan.

Karena khawatir jaguar tersebut akan menyerang Bumi setelahnya, suku Inca berusaha mengusir hewan itu dengan mengibaskan tombak ke bulan dan juga membuat banyak suara, salah satunya dengan memukuli anjing yang dipelihara sampai melolong ke arah langit.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Pemuka Agama Ingatkan Semua Umat Hindari Tempat Keramaian

Pertengkaran Bulan dan Matahari

Mitos yang berikutnya datang dari orang-orang Batammaliba di Togo dan Benin, seperti yang diungkap astronom budaya di University of Western Cape, Bellville, Afrika Selatan yang bernama Jarita Holbrook.

Dia mengatakan bahwa kepercayaan Batammaliba adalah gerhana Bulan terjadi karena Bulan dan Matahari sedang bertengkar hingga bertarung. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...