Home Metropolitan Ragam Deretan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan di Indonesia, Terbaru Sampai Populer

Deretan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan di Indonesia, Terbaru Sampai Populer

TELENEWS.ID – Energi listrik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Keberlangsungan dari ketersediaan energi sebagai bahan utama memang perlu dicermati.

Bahkan Indonesia sendiri telah mengembangkan pembangkit listrik alternatif ramah lingkungan, sehingga ada dampak baik bagi lingkungan.

Energi dengan beberapa jenisnya bisa diproduksi menggunakan perangkat tertentu. Teknologi di bidang produksi pembangkit listrik terus dikembangkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi.

Versi pembangkit listrik ramah lingkungan sudah banyak dilirik oleh negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sehingga ada beberapa poin dari daftar pembangkit listrik ramah lingkungan di Indonesia dari versi terbaru sampai populer.

Sumber Energi Surya

Versi pembangkit listrik ramah lingkungan bisa dibuat dari panas matahari. Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS dapat dikatakan sebagai jenis energi ramah lingkungan.
Tidak hanya itu, PLTS sendiri tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga dijadikan satu sumber energi murah serta tidak terbatas.

Indonesia memiliki peluang cukup besar dalam penggunaan energi surya sebagai satu sumber pembangkit listrik ramah lingkungan.

Melihat kondisi geografis Indonesia menjadi negara beriklim tropis pastinya sinar matahari yang didapatkan cukup melimpah.

Hal tersebut membuat pembangkit listrik tenaga surya menjadi pilihan tepat untuk menghasilkan sumber energi listrik.

Energi Panas Bumi

Berikutnya terdapat sumber energi ramah lingkungan yakni panas bumi. Bahkan dari versi sumber energi panas bumi tidak akan pernah habis.

Konsumsi panas bumi ini bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan. Kondisi geografis dari Indonesia memiliki potensi sebagai penghasil energi dari panas bumi.
Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia dikatakan menjadi yang terbesar di dunia.

Bukan hanya Indonesia saja, tetapi ada potensi pengembangan energi panas bumi menjadi listrik sudah dilakukan beberapa negara di antaranya Amerika Serikat, Filipina, Selandia Baru dan Turki.

Baca juga :  Jejak Manusia Purba 45 Ribu Tahun Ditemukan di Sulawesi

Energi Air

Salah satu sumber pembangkit listrik populer di Indonesia berasal dari energi air.

Bahkan proses dari penggunaan aliran air terkontrol hingga menggerakkan turbin ini sudah banyak diadopsi karena memang menghasilkan listrik dalam waktu cepat.

Indonesia memiliki kondisi geografis menguntungkan untuk menghasilkan pembangkit listrik ramah lingkungan energi air. Sehingga tidak heran bila sampai sekarang jumlah pembangkit listrik tenaga air terus ditambah guna memenuhi kebutuhan energi nasional.

Energi Angin

Tidak hanya air saja, tetapi energi angin juga banyak digunakan sebagai pembangkit listrik.

Memanfaatkan energi listrik ternyata memberi poin penting karena dianggap ramah lingkungan dan paling bersih saat ini.

Angin tidak pernah habis dan tidak menghasilkan emisi ataupun polusi. Beberapa negara telah menggunakan energi angin sebagai sumber pembangkit listrik ramah lingkungan di antaranya Belanda, Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Brazil, dan Spanyol.

Baca juga :  Ondel-Ondel, Ikon Sakral Betawi yang Disalahgunakan

Energi Biomassa

Hingga sekarang energi biomassa dikenal mampu pemanfaatan bahan organik untuk proses fotosintesis dan menghasilkan listrik.

Bahan organik dapat dipakai guna menghasilkan energi biomassa di antaranya pohon, tanaman, rumput, kotoran ternak, sampai hasil limbah pertanian.

Beragam sumber energi sebagai pembangkit tenaga listrik ramah lingkungan sekarang menjadi satu poin penting agar kebutuhan energi tercukupi. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...