Home Nasional Deretan Ucapan Ruhut Sitompul yang Menuai Kecaman

Deretan Ucapan Ruhut Sitompul yang Menuai Kecaman

TELENEWS.ID – Ruhut Sitompul kembali muncul di publik namun bukan dengan prestasi yang gemilang, tetapi dengan kontroversi yang menghebohkan publik dengan mengunggah konten yang mengandung unsur rasisme. Ruhut kini terancam akan menghadapi kasus hukum jika pihak kepolisian melakukan penyelidikan atas laporan dengan UU ITE ini.

Bukan kali ini saja Ruhut harus menghadapi masalah rasisme, dirinya sudah terbiasa dengan tuduhan dan juga pelaporan pencemaran nama baik dengan nada rasisme.

Kiprahnya sebagai anggota DPR dan juga politikus membuat Ruhut Sitompul dengan lantang menyuarakan ujaran-ujaran yang bernada rasis. Meskipun, dirinya menyangkal bahwa ucapan yang dilontarkannya itu tidak bermaksud untuk menghina suku tertentu. Namun, hampir semuanya tidak berujung ke meja hijau karena Ruhut menyampaikan permintaan maafnya secara terbuka.

Ucapan Rasisme Terhadap Arab dan Tionghoa

Dalam pemilu edisi 2009, Ruhut Sitompul saat itu bergabung dengan koordinator dari tim sukses Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam debat dengan tim sukses, Ruhut melontarkan sebuah pernyataan yang menyebut bahwa Arab tidak pernah membantu Indonesia. Berbagai elemen masyarakat, khususnya kalangan keturunan Arab merasa tersinggung dengan ucapan Ruhut ini. Kemudian, dalam diskusi Angket Century SBY, Ruhut pernah menyinggung sosok Kwik Kian Gie yang menjabat sebagai Menteri Keuangan.

“Kasus yang seperti begini dari dulu sudah ada. Sejak zaman Megawati sudah ada, waktu itu Sri Mulyani-nya (maksudnya Menkeu) si Cina, Kwik Kian Gie.” ucap Ruhut.

Diskusi yang digelar Forum Umat Islam di Wisma Darmala Sakti tersebut, salah seorang peserta meminta Ruhut untuk mencabut kembali ucapannya. Namun, Ruhut lebih memilih untuk meninggalkan forum.

Mengucapkan Kata-kata yang Tidak Pantas

Kasus mengenai pernyataan dan juga ucapan Ruhut Sitompul lebih banyak dilakukan ketika dirinya masih menjadi Partai Demokrat. Di tahun 2009, tepatnya bulan November, Ruhut pernah bersumpah jika dana bailout sebesar Rp. 6,7 Triliun mengalir ke Partai Demokrat dan SBY, maka dirinya akan memotong kupingnya.

Baca juga :  Polisi Tegaskan Larang Warga Terbangkan Drone di Sirkuit Mandalika, Ini Ancamannya

“Tidak ada kaitannya SBY dan Demokrat dengan aliran dana Bank Century. Kalau ada, potong kuping Ruhut Sitompul.” Ujarnya saat itu.

Masih dalam kasus yang sama, Ruhut mengatakan bahwa dirinya siap dipenggal jika Ehie Baskoro menikmati dana dari Bank Century yang bermasalah. Dalam perkara tersebut, Ibas dituduh menerima dana dari aliran Bank Century Sebesar Rp. 500 Miliar.

Alasan Ruhut melontarkan pernyataan tersebut, karena menurutnya Partai Demokrat adalah kubu yang paling dirugikan karena beberapa kadernya, termasuk ketua umumnya Susilo Bambang Yudhoyono disebut menerima dana aliran dari Bank Century tersebut. Dirinya merasa Partai Demokrat difitnah dengan adanya aliran dana yang mengalir ke beberapa kader mereka.

Ucapan “Daeng” Kepada Jusuf Kalla

Dalam rapat Pansus Hak Angket Century, Ruhut Sitompul saat itu sempat menyebut Jusuf Kalla dengan sebutan Daeng. Daeng sendiri bagi suku Bugis Makassar secara harfiah adalah sebutan untuk orang yang dituakan dan juga bisa bermakna kata pelembut untuk memanggil seseorang.

Baca juga :  Moeldoko vs AHY: Siapakah yang Paling Tajir?

Namun, Daeng ini mengalami perluasan makna seiring berjalannya waktu dan acap kali ditujukan untuk memanggil para pedagang atau pelaku ekonomi kelas menengah ke bawah seperti misalnya tukang becak, pekerja serabutan, atau kuli bangunan dan pedagang kecil.

Ucapan Daeng yang ditujukan kepada Jusuf Kalla oleh Ruhut pada tahun 2010 yang lalu berbuntut kontroversi hingga membuat banyak pihak jengkel kepada Ruhut Sitompul ini.

Padahal, saat itu Jusuf Kalla berada di posisi di atas, dan sangat dihormati oleh suku Bugis.

Sebelumnya, Ruhut juga melontarkan kata “Bangsat” kepada Gayuss Lumbuun yang saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua Pansus dari Fraksi PDIP. Fraksi PDIP saat itu meminta Fraksi partai Demokrat untuk menarik Ruhut dari keanggotaan Pansus Bank Century. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...