Home Daerah Desa Wisata Kiarasari Kurang Diperhatikan Pemkab Bogor

Desa Wisata Kiarasari Kurang Diperhatikan Pemkab Bogor

TELENEWS.ID – Kunjungan kerja (Kunker) digelar oleh pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke Desa Wisata Kiarasari yang terletak di Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, akhir pekan lalu.

Kunjungan kerja ini adalah program rutin yang dilakukan oleh PWI Kabupaten Bogor demi meningkatkan dan mengembangkan potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Bogor.

Feri Firdaus selaku staf Desa Kiarasari mengatakan dalam diskusi yang digelar di salah satu penginapan yang terletak di Desa Wisata Kiarasari tersebut bahwa pihaknya akan terus melakukan pengembangan pada Desa Wisata Kiarasari. Hal tersebut didasari dengan adanya Gunung Manapa yang harus diperkenalkan kepada para wisatawan yang datang. 

Feri mengungkapkan bahwa para wisatawan lokal maupun luar harus mengetahui keindahan alam dari panorama Kiarasari. Hutan hijau, curug, dan landscaping memang sudah sangat terjaga. Hal tersebut dikarenakan desa Kiarasari juga berbatasan langsung dengan Taman Nasional Halimun Gunung Salak (TNHGS).

Feri kembali menjelaskan perkembangan wisata di Desa Kiarasari memang mengalami sejumlah kendala seperti fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai. Akses jalan menuju desa rusak parah dan sempit. Dirinya mengakui bahwa desa wisata ini tidak diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Rusdini selaku perwakilan masyarakat menuturkan bahwa pertanian juga menjadi potensi lain di Desa Kiarasari selain destinasi wisata. Pembinaan para petani juga terus berjalan hingga kini yang disebut dengan kelompok tani (Poktan) Mandiri. Namun dirinya berharap bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Bogor bersama pihak terkait lainnya mendukung program tersebut untuk mendapatkan hasil tani yang maksimal.

Para petani mengakui sangat kesulitan perihal dan untuk bisa mengembangkan usaha taninya. Mereka berharap PWI bisa menjalin komunikasi dengan Dinas pertanian agar para petani di Desa Kiarasari mendapatkan perhatian lebih. 

Baca juga :  Upaya Bupati Bogor Cari Dana Demi Kelangsungan Proyek Jalur Puncak II

H. Subagiyo selaku Ketua PWI Kabupaten Bogor menuturkan rasa terimakasih atas penyambutan yang diwakili oleh Kades dan para jajarannya. 

Subagiyo menjelaskan dalam sambutannya itu, bahwa pihaknya siap mengangkat potensi destinasi wisata dan juga pertanian yang ada di Desa Kiarasari lewat sudut pandang media. Hal tersebut harus dilakukan karena potensi wisata yang luar biasa seperti Desa Kiarasari bukan hanya harus diketahui oleh Kabupaten Bogor saja, namun dunia juga harus mengetahuinya. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...