Home Nasional Pandemi Covid-19,Dewan Pers Harap Pemerintah Membantu Menyelamatkan Industri Media 

Pandemi Covid-19,Dewan Pers Harap Pemerintah Membantu Menyelamatkan Industri Media 

Facebook
Twitter
diskusi virtual Forum PWI Jaya bertajuk “Peran Jurnalisme Membangun Optimisme Masyarakat Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya dengan dukungan Uzone.id,


TELENEWS. id,  JAKARTA – Dewan Pers berharap pemerintah segera melakukan langkah konkret untuk menyelamatkan industri media sebagai pilar keempat demokrasi, sekaligus institusi bisnis yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid19.

“Dewan Pers berusaha meyakinkan pemerintah untuk segera membantu industri pers yang terdampak Covid19. Kondisi pers saat ini sangat berat, jika tidak diselamatkan akan terjadi PHK. (bulan) Agustus menjadi titik kritis,” tutur anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, saat menjadi pembicara dalam  diskusi virtual Forum PWI Jaya bertajuk “Peran Jurnalisme Membangun Optimisme Masyarakat Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya dengan dukungan Uzone.id, di Jakarta, seperti dikutip dari laman PWI jaya, Kamis (27/8/2020).

Selain Agus Sudibyo pembicara lain dalam diakusi ini dari PWI Jaya Irmanto, Wakil Bidang Organisasi PWI Jaya dan Budi Nugraha, kandidat Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Sahid, Jakarta.

Agus Sudibyo menjelaskan, bantuan dari pemerintah seharusnya tidak mengurangi posisi pers yang kritis, karena dalam kasus Selandia Baru ternyata bantuan pemerintah tidak mengurangi sikap media yang profesional.

Ia mencontohkan bagaimana banyaknya produk pers kini sebagian besar tersedia secara gratis sehingga menjadi contoh nyata kontribusi industri pers terhadap kebutuhan komunikasi bagi masyarakat dan menyampaikan pesan penanganan penanggulangan pandemi yang dilakukan pemerintah.

“Sejauh ini media berkontribusi positif dalam konteks pandemi. Mungkin menjelang Oktober, di masa Pilkada serentak akan ada sejumlah media yang menyajikan pemberitaan yang condong pada sikap tertentu,” tuturnya.

Dalam kesempatanyang sama, dua pembicara dari PWI Jaya menegaskan, pekerja pers wajib memperhatikan dan menjalankan langkah untuk melindungi wartawan sebagai garda terdepan mencari dan menyusun informasi bagi masyarakat.

“Pers dalam kondisi ssat ini, dengan kapasitasnya harus memperhatikan langkah-langkah melindungi wartawan dalam mencari berita, menyusun dan menyajikan berita yang sesuai kaidah jurnalistik sekaligus memupuk optimisme,” ujar Budi Nugraha.

Era Adaptasi Baru

Budi Nugraha mengingatkan peranan media massa sangat berpengaruh dalam memberikan edukasi bagi masyarakat karena media sebagai sumber informasi yang aktual diharapkan bisa membangun opini masyarakat untuk tetap menjaga jarak dalam bersosialisasi.

“Media sebagai agen perubahan harus giat mensosialisasikan kebiasaan baru bagi masyarakat sehingga masyarakat membiasakan diri meskipun awalnya awam. Hal ini harus terus menerus disuarakan oleh media,” ujarnya.

Tidak bisa dimungkiri, lanjutnya, insan media massa sebagai pekerja profesional juga turut mengkhawatirkan sikap sebagian masyarakat yang masih terkesan kurang peduli dengan situasi pandemi COVID-19.

Senada dengan hal tersebut, Irmanto menuturkan adaptasi kebiasaan baru ini bisa disikapi masyarakat dengan melakukan aktivitas seperti biasa tetapi harus mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan. “Artinya kita dapat melakukan aktivitas seperti sebelum adanya virus ini tetapi dengan cara yang baru dan sedikit berbeda dimana harus menghindari penularan COVID serta menjaga imunitas tubuh,” ungkapnya.

Para pembicara kegiatan ini menyoroti banyak hal yang berubah dengan situasi COVID-19 dan era new normal. Kegiatan banyak yang dikurangi sebagai upaya mencegah penularan virus corona. Kebijakan ini turut mempengaruhi cara kerja wartawan dalam mencari berita.

Irmanto mengingatkan dalam kondisi saat ini wartawan seharusnya memperhatikan langkah-langkah dalam memperoleh informasi secara aman di tengah pandemi Covid.

“Dengan adanya teknologi saat ini, proses pencarian informasi dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan keamanan diri,” kata Irmanto.

Dia tidak menampik wartawan dituntut mencari berita, namun dengan tetap mentaati protokol kesehatan, dan didukung dengan teknologi yang memadai mulai dari work from home (WFH), absen digital, hingga penerapan gaya hidup sehat di masa new normal ini.

Forum PWI Jaya berlangsung selama dua jam diikuti 100 peserta, dengan antusias yang menanyakan berbagai hal terkait kebijakan pemerintah dan upaya media massa dalam menjalankan tugas dan fungsinya (sumber PWI Jaya

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...