Home Gaya hidup 'Di Rumah Aja', Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan

‘Di Rumah Aja’, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan

TELENEWS.ID – Karena pandemi Covid-19 yang belum usai, kita harus menjalani aktivitas yang lebih banyak di rumah demi mencegah penularan.

Akan tetapi bukan berarti kondisi semacam itu bisa membuat kita benar-benar aman karena akan ada kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

Kurang gerak

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa rata-rata orang di Amerika Serikat kurang gerak selama ‘di rumah aja’. Mereka mencatat hanya ada 20% yang berolahraga secara teratur.

Di sisi lain, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan American Heart Association menyarankan 150 menit aktivitas dengan intensitas sedang ditambah dua sesi aktivitas penguatan otot dengan latihan ketahanan per minggunya.

Kurang gerak akan menjadi kebiasaan yang mengakibatkan obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes dan demensia.

Kurang tidur

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa risiko penyakit serius diakibatkan oleh buruknya kualitas tidur. Hal itu karena saat tidur, sistem tubuh utama kita memperbaiki diri.

Sedangkan jika tubuh kurang istirahat, maka otak, jantung dan sistem imun tidak mendapat perawatan yang memadai.

Dilansir dari berbagai sumber, orang dewasa disarankan tidur 7 s/d 9 jam setiap malam agar mendapat tidur berkualitas.

Stres berkepanjangan

Bukan rahasia lagi bahwa stres menjadi salah satu penyebab munculnya banyak penyakit. Hal itu karena stres dapat membuat otak memproduksi hormon stres kortisol yang cukup banyak sekaligus merusak respons imun.

Dilansir dari berbagai sumber, orang yang mengalami stres berkepanjangan berpotensi terinfeksi virus. Selain itu, stres bisa memicu penyakit jantung dan memperburuk tekanan darah tinggi.

Konsumsi alkohol

Bagi sebagian orang, kegiatan yang hanya bisa dilakukan dirumah membuat stress dan mencari pelarian seperti mengonsumsi alkohol. Akan tetapi hal tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung dan lebih dari 10 jenis kanker.

Baca juga :  Waspada, Kenali 6 Tanda Awal Kamu Mengalami Pikun Dini atau Early Dementia

Kemudian, kebiasaan buruk tersebut akan melemahkan sistem imun sehingga terjadi obesitas dan dehidrasi kulit yang mempercepat penuaan.

Merasa kesepian

‘Di rumah aja’ membuat setiap orang merasa terisolasi dan jauh dari aktivitas komunikasi yang intens sehingga menciptakan rasa kesepian.

Menurut penelitian, merasa kesepian dapat memicu stres sehingga tubuh mengalami peradangan sehingga berdampak negatif pada jantung, otak dan imun. Selain itu, merasa kesepian juga meningkatkan risiko kanker, penyakit kardiovaskular dan demensia.

Baca juga :  Apa Saja Manfaat Asuransi Saat Belanja Online

Karena itu, solusi dari merasa kesepian adalah tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekat setiap hari secara virtual. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...