Home Gaya hidup Dialami Ridwan Kamil, Ini yang Tak Boleh Dilakukan untuk Support Orangtua yang...

Dialami Ridwan Kamil, Ini yang Tak Boleh Dilakukan untuk Support Orangtua yang Kehilangan Anaknya

TELENEWS.ID – Duka yang mendalam masih dirasakan oleh Ridwan Kamil dan keluarganya pasca menyatakan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia.

Melalui media sosialnya baik Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya mengungkapkan duka mendalam akan kehilangan sang putra tercinta yang hingga kini jasadnya tak kunjung di temukan.

Unggahan terakhir Atalia di akun media sosial miliknya pada 05/06/22, menunjukkan duka dan kerinduan yang mendalam pada buah hatinya tersebut. “Cuma rindu.. Syawal 1443 H,” bunyi caption video yang diunggah oleh Atalia di akun media sosial miliknya. Ibu 3 anak ini mengunggah video kenangan terakhirnya bersama Eril.

Kehilangan anak yang sangat dicintai seperti yang dialami oleh Ridwan Kamil, tentu akan meninggalkan duka yang mendalam di hati. “Kehilangan seorang anak tidak seperti kehilangan yang lain,” kata Regine Anderson, Terapis di Centerstone. “Kehilangan seorang anak sangat menyedihkan. Seiring dengan kehilangan mereka adalah hilangnya harapan yang baik seperti melihat kelulusan atau pernikahan mereka, harapan memiliki cucu dan lainnya” tambahnya lagi

Orang tua yang berduka mungkin mengalami kesedihan yang mendalam, lebih lama daripada orang lain yang kehilangan orang yang dicintai. Setiap ulang tahun dan hari jadi adalah pengingat bagi buah hati yang telah tiada. Tidak ada jalan keluar yang mudah dari proses berduka bagi orang tua yang kehilangan buah hatinya, tetapi kita masih bisa memberikan support pada mereka.

Meski begitu, kita tidak bisa sembarangan memberikan support untuk mereka. Ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan saat memberikan support dan hiburan pada mereka.

  1. Jangan katakan “aku tahu apa yang kamu rasakan”
    Tidak, tak seorangpun mengetahui duka yang dialami oleh orangtua yang kehilangan anaknya. Apalagi setiap orang memiliki cara dan emosi yang berbeda-beda saat menghadapi kehilangan. Meskipun mungkin itu caramu untuk berempati dengan mereka, kematian anak tidak dapat dibandingkan dengan kehilangan orang tua, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, kakek, nenek atau hewan peliharaanmu.
  2. Jangan memaksakan keyakinan agama pribadimu
    Ingat kamu harus berhati-hati bagaimana kamu membawa soal Tuhan, keinginan dan rencana-Nya ketika berhadapan dengan orang yang berduka. Beberapa orang tua menerima kehilangan anak mereka sebagai kehendak Tuhan. Namun orang tua yang berduka lainnya, mungkin sangat marah kepada Tuhan karena telah mengecewakan mereka, karena membiarkan kematian ini terjadi. Mungkin butuh waktu lama untuk mengatasi kemarahan ini, untuk mereka memilah emosi mereka. Mereka membutuhkan waktu dan kebebasan untuk memutuskan apa yang sekarang mereka yakini. Apa yang kamu yakini tidak penting, namun bagaimana perasaan mereka dan hak mereka untuk merasa seperti itu adalah yang terpenting.
  3. Jangan membandingkan apa yang mereka alami dengan orang lain
    Biarkan orang tua fokus pada kehilangan mereka. Apa yang mereka alami itu bersifat personal, dan pastinya akan berbeda dengan orangtua lain yang mungkin mengalami hal yang sama. Membandingkan orangtua yang berduka dengan orangtua lainnya, sama saja dengan tidak menghargai duka dan emosi mereka.
  4. Jangan meminta mereka cepat move on
    Betul bahwa tak ada yang ingin berlama-lama terpuruk dalam duka. Namun memaksa orangtua yang kehilangan buah hati mereka untuk segera move on adalah hal yang seharusnya tak dilakukan. Mereka mencoba menyesuaikan diri dan hidup dengan kehilangan. Orang tua yang mengalami trauma lantaran anaknya meninggal, harus mengalami banyak hal yang berubah dalam hidup mereka. Sebagian dari diri mereka ikut “mati” ketika anak mereka meninggal, dan mungkin perlu waktu bertahun-tahun bagi mereka untuk menerima hal ini. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Tips Penting Berbelanja Di Akhir Tahun Jangan Tergoda Diskon Besar
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...