Home Nasional Diam diam Indonesia dan Tesla Telah Tanda Tangani Perjanjian Kerahasiaan

Diam diam Indonesia dan Tesla Telah Tanda Tangani Perjanjian Kerahasiaan

TELENEWS.ID – Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, memberikan pengumuman besar. Pasalnya Indonesia telah menjalin hubungan kerja sama dengan Tesla, bahkan ini sifatnya menjaga kerahasiaan.

Luhut menyebutkan, jika Indonesia sudah menandatangani non-Disclosure Agreement atau NDA dengan Tesla Inc.
Perusahaan otomotif dari Amerika Serikat ini telah melakukan 6 kali video call secara resmi dengan Luhut, pihak Indonesia.

Dimana dalam perjanjian NDA ini, kedua belah pihak sepakat untuk saling menjaga informasi penting atau bersifat rahasia. Dalam aturan tersebut, ada poin yang memuat sanksi apabila nantinya pihak yang melanggar, dalam artian ada informasi yang bocor.

Luhut menjelaskan dalam Dialog Spesial yang bertajuk Tantangan dan Optimisme Investasi 2021 yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (3/2/2021). Kami (pihak perwakilan Indonesia) telah melakukan 6 kali video call secara instens dengan NDA, dimana membuahkan hasil perjanjian yang telah ditandatangani.

Luhut juga menyebutkan jika nantinya dalam waktu dekat pihak Tesla akan mengirimkan proposal yang terkait dengan proyek baterai kendaraan listrik.

Ditambahkan juga, Luhut memperkiraan bisa hari ini atau besok, pemerintah akan menerima proposal dari mereka (Tesla).

Terkait dengan kerja sama tersebut, Luhut belum bisa memberikan bocoran terkait investasi yang akan ditanamkan pihak Tesla.

Pasalnya Luhut tidak bisa memberikan informasi pasti dan mendetail mengenai rencana tersebut. Pasalnya kerja sama baru saja terjalin dan Indonesia baru saja menandatangani perjanjian NDA, tentu tidak bisa memberikan informasi begitu saja.
Luhut memberikan informasi tambahan, jika dirinya belum bisa membuka secara terbuka ke publik terkait dengan kerja sama tersebut.

Hal ini nampaknya sejalan dengan informasi yang beredar, pasalnya dikabarkan jika utusan dari Tesla dikabarkan batal datang ke Indonesia.

Baca juga :  Pemprov Jawa Barat Siapkan Vaksinasi Massal

Padahal agenda kedatangan utusan Tesla tersebut untuk membahas lebih lanjut tentang rencana pembangunan industri baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Namun Luhut memastikan investasi dari Tesla, bisa jadi hanya menunggu waktu hingga nantinya ada konferensi pers resmi yang mengatakan investasi Tesla. Berapa jumlah investasi yang ditawarkan hingga apa saja keuntungan yang didapatkan oleh Indonesia.

Sebagai gambaran saja, Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang menyediakan kendaraan ramah lingkungan. Pasalnya tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak, melainkan listrik. Dimana penjualan kendaraan Tesla di Indonesia cukup diminati, meskipun harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Baca juga :  Pemprov Jawa Barat Siapkan Vaksinasi Massal

Seperti dikabarkan sebelumnya, Tesla disebut akan jadi salah satu dari 7 perusahaan asing yang akan berinvestasi di Indonesia.

Nantinya Tesla Inc akan bermitra dengan PT. Indonesia Battery Holding (IBH) terkait pembangunan industri kendaraan listrik yang ramah lingkungan berbasis baterai. (Chairunisa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Jumlah Miner Kripto Berkurang, Stok Kartu Grafis Diprediksi Segera Normal

TELENEWS.ID - Kabar baik bagi para pemilik PC gaming yang hendak meng-upgrade perangkat mereka, stok kartu grafis (VGA) disebut akan segera meningkat....

Disamakan Dengan Musuh Batman, Jeff Bezos Dilarang Balik Ke Bumi

TELENEWS.ID - Belum juga berangkat ke luar angkasa, Jeff Bezos sudah dilarang kembali ke bumi. Belum lama, beredar sebuah petisi online yang...

Untung Saja Belanda Masih Punya Mathijs De Ligt

TELENEWS.ID - Kemenangan meyakinkan Belanda kontra Austria membuktikan bahwa mereka beruntung masih memiliki Mathijs De Ligt. Bek sentra belia Juventus itu mampu...

Swedia dan Impian Mengulang Kembali Sejarah Euro 1992

TELENEWS.ID - Semifinal adalah pencapaian terbaik yang pernah dicatatkan Swedia pada ajang Euro. Torehan itu mereka catatkan pada keikutsertaannya pertama kali pada...