Home Internasional Dianggap Jadi Sumber Covid-19, Inilah Alasan Lab Wuhan Perlu Diteliti

Dianggap Jadi Sumber Covid-19, Inilah Alasan Lab Wuhan Perlu Diteliti

TELENEWS.ID – Tahun lalu, banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa Covid-19 berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok, adalah teori konspirasi. Akan tetapi hal itu berubah belakangan ini.

Dr Anthony Fauci selaku Kepala Penasihat Medis Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada subkomite Senate Appropriations bahwa sejarah perkembangan pandemi secara alami dari reservoir hewan sangat kuat.

Dikutip dari NPR, Dr Anthony Fauci bahwa tidak ada yang 100% tahu bagaimana pandemi bermula dan karena itu lah para ilmuwan mendukung penyelidikan lebih lanjut.

Penyataan itu pun didukung oleh seorang pakar penyakit menular yang bertugas di dewan penasihat Covid-19 tim transisi Biden yang bernama Dr Celine Gounder. Bahkan dia menyebutkan isu sumber pandemi dari Wuhan Institute of Virology perlu pembuktian.

Dia juga menjelaskan bahwa sumber virus harus dicari tahu lebih lanjut mengenai implikasi yang bisa menjadi solusi pencegahan untuk pandemi berikutnya.

Dan dikutip dari berbagai sumber, alasan Lab Wuhan perlu diteliti terkait pandemi Covid-19 adalah:

Teori yang belum jelas

Pada November 2019, tiga peneliti di Wuhan Institute of Virology yang menangani Covid-19 mengalami gejala terinfeksi dan dirawat di rumah sakit. Namun sampai sekarang ini belum ada informasi yang cukup apakah kasus tersebut adalah sumber yang pasti.

Tetapi muncul teori bahwa lab tersebut memiliki sesuatu aktivitas yang kemudian secara sengaja atau tidak telah melepaskan virus corona.

Protokol keamanan di lab

Sampai sekarang ini tidak ada satupun yang mengetahui terkait pengujian apa yang dilakukan oleh tiga peneliti di Wuhan Institute of Virology sehingga jatuh sakit.

Akan tetapi protokol keamanan di lab tersebut perlu ditelusuri lebih lanjut misalnya dengan memeriksa catatan lab dan mencari tahu eksperimen apa yang sebenarnya dilakukan. Hal itu karena masing-masing ilmuwan menyimpan catatan pekerjaan dengan sangat hati-hati.

Baca juga :  WHO: Bencana Akan Terjadi jika Vaksinasi Tidak Merata!

Mencari kepastian penularan dari hewan

Jika tidak terbukti terjadi kebocoran di lab, maka teori asal-usul penularan Covid-19 dari hewan ke manusia akan mendominasi. Hal itu karena ada beberapa contoh penyakit menular dari hewan seperti Zika, SARS asli, Ebola hingga MERS. (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...