Home Gaya hidup Kesehatan Diare Hingga Pendarahan, Kenali Gejala Haid Tidak Sehat Yang Tak Boleh Wanita...

Diare Hingga Pendarahan, Kenali Gejala Haid Tidak Sehat Yang Tak Boleh Wanita Abaikan

TELENEWS.ID-Menstruasi atau haid adalah hal normal yang dialami wanita sehat setiap bulannya. Ketika kaum wanita menginjak usia puber, maka dia akan mengalami menstruasi secara rutin setiap bulannya.

Adalah hal yang wajar memang banyak wanita yang mengeluhkan kondisi badan dan moodnya yang jadi kurang enak ketika menstruasi, atau sebelum kedatangan tamu bulanan ini. Namun ternyata, keluhan menstruasi tidak boleh diabaikan loh. Apalagi jika keluhan ini sampai menganggu aktivitasmu sehari-hari.

Faktanya kondisi menstruasi setiap wanita memang berbeda-beda. Ada yang mengalami haid selama seminggu full, tapi ada juga yang selesai dalam dua hari. Ada yang mengalami PMS, ada juga yang tak merasakan efek yang berbeda sebelum dan ketika mengalami menstruasi.

Dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine, sejatinya ada wanita yang terkena gangguan kesehatan ketika dia sedang menstruasi. Gangguan kesehatan ini tak boleh untuk diabaikan, karena mungkin bisa menjadi tanda atau symptom penyakit yang serius seperti kista atau kanker rahim.

Lalu apakah tanda-tanda haid yang tidak sehat yang harus diwaspadai oleh kaum Hawa?

  1. Kamu mendadak tidak pernah menstruasi lagi
    Umumnya wanita hamil lah yang tidak akan mengalami menstruasi setiap bulannya secara rutin. Namun ketika kamu tidak hamil, namun tiba-tiba menstruasimu berhenti begitu saja, maka kamu harus waspada dan segera memeriksakan dirimu ke dokter. Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau kista ovarium adalah salah satu kondisi kesehatan serius, yang bisa menyebabkan kamu berhenti haid secara tiba-tiba.
  2. Darah keluar terlalu banyak atau seperti pendarahan
    Darah menstruasi yang seperti pendarahan, sehingga membuatmu harus berganti pembalut setiap kurang lebih satu jam sekali juga patut untuk diwaspadai. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid keluar secara berlebihan. Kalau kamu masih berdarah hebat lebih dari seminggu, pembalutmu sudah tembus padahal baru dua jam dipakai, dan ada gumpalan darah sebesar koin, maka itu adalah tanda kamu mengalami Menorrhagia.
  3. Diare dan muntah-muntah
    Sebagian wanita akan mengalami diare dan muntah ketika memasuki masa menstruasi. Namun kamu harus waspada kalau diare dan muntah yang kamu alami cukup parah, dan terjadi lebih dari dua hari semenjak mengalami menstruasi. Sangat disarankan kamu segera menemui dokter, untuk mencegahmu mengalami dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.
  4. Darah haid yang menggumpal
    Sejatinya gumpalan yang keluarsaat menstruasi itu wajar terjadi. Wanita sehat umumnya mendapati gumpalan di hari pertama atau kedua menstruasinya. Namun ketika hingga lima hari bahkan seminggu gumpalan darah itu masih ada, maka mungkin kamu mengalami masalah kesehatan seperti fibroid rahim, endometriosis atau adenomiosis.
  5. Dismenore yang luar biasa
    Dismenore atau nyeri yang dialami ketika menstruasi sebenarnya umum dirasakan oleh kaum wanita. Tapi kamu harus waspada ketika Dismenore ini rasanya luar biasa, bahkan sampai menganggu aktivitasmu sehari-hari. Kalau obat penghilang nyeri bahkan tak mempan, inilah saatnya kamu mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatanmu.
  6. Kamu mengalami depresi saat menstruasi
    Sejatinya hal yang wajar wanita mengalami perubahan mood atau yang lazim dikenal sebagai PMS. Biasanya mereka akan jadi lebih sensitif, lantaran adanya perubahan horman dalam dirinya. Namun kalau kamu mengalami perubahan mood yang ekstrim bahkan hingga membuatmu merasa depresi dan stress, waspadai yang namanya Premenstrual dysphoric disorder atau PMDD. Wanita yang mengalami PMDD akan mudah marah, mudah tersinggung, sering mengalami anxiety dan kepanikan, sulit konsentrasi bahkan depresi hingga berfikir ingin bunuh diri.
Baca juga :  Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin
Baca juga :  Terungkap! Racun Laba Laba Bisa Ringankan Penyakit Jantung

Itulah beberapa tanda haid tidak sehat yang patut diwaspadai dan dapat perhatian khusus dari kaum Hawa. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...