Home Olah Raga Dibuang Arsenal Hingga Jadi Pahlawan Argentina, Kisah Kebangkitan Emiliano Martinez

Dibuang Arsenal Hingga Jadi Pahlawan Argentina, Kisah Kebangkitan Emiliano Martinez

TELENEWS.ID – Jalan hidup seseorang memang tak bisa ditebak arahnya. Seperti apa yang dialami Emiliano Martinez. Sempat terkatung-katung dan dibuang Arsenal, pria yang akrab disapa Emi tersebut perlahan meniti karir hingga menjadi pahlawan Argentina di Copa America. Seperti apa kiprahnya?

Lahir di Mar del Plata, Argentina, Martinez tumbuh di keluarga yang kurang beruntung. Ayahnya bekerja di pelabuhan, sementara ibunya hanya seorang pembantu rumah tangga. Kedua orang tuanya bahkan tak sanggup membelikannya sebuah bola.

Namun Emi muda cukup beruntung bisa menghabiskan masa kecilnya menimpa ilmu di akademi Independiente selama dua tahun. Bakat besarnya pun tercium oleh pemandu bakat Arsenal, yang langsung memboyongnya ke klub London tersebut dimana Martinez kembali mengasah keterampilan dengan lingkungan dan fasilitas bertaraf internasional.

Kendati memiliki potensi besar, sayangnya Emi tak mampu menembus skuad inti Arsenal yang kala itu masih dhuni Wojciech Szczęsny dan Łukasz Fabiański. Ia pun lebih banyak ‘disekolahkan’ ke klub Liga Inggris lain, mulai dari klub divisi 4 Oxford United, Sheffield Wednesday, Reading, hingga Wolverhampton Wolves. Namun Emi tak putus asa dan kerap menjadi tumpuan di tim yang dibelanya.

Pada tahun 2019, cederanya Bernd Leno membuat Emi akhirnya memiliki kesempatan membuktikan diri di skuad inti Arsenal. Ia pun bermain brilian dan membawa The Gunners memenangkan piala FA. Di partai final menghadapi Chelsea, Emi bermain gemilang dan menepis peluang-peluang emas dari ujung tombak The Blues dan mendapat pujian dari banyak pengamat.

Namun kendati demikian, Arsenal akhirnya memutuskan untuk melepas Emi dan tetap mempertahankan kiper mahal mereka, Bernd Leno. Emi pun melanjutkan karir di Aston Villa, yang menebusnya dengan mahar 17 juta Euro, serta langsung ‘nyetel’ dengan para rekannya. 

Baca juga :  Cedera Paha, Pogba Menepi Beberapa Pekan

Di musim perdana bersama Aston Villa, Emi tampil apik menjadi pertahanan terakhir The Hammers dan menyamai rekor clean sheet (nirbobol) selama semusim yang sebelumnya ditempati oleh kiper ikonik Amerika Serikat, Brad Friedel. Kegemilangan dan konsistensi Emi di Liga Primer Inggris pun membuatnya dipanggil pelatih Lionel Scaloni untuk memperkuat tim nasional Argentina di ajang Copa America 2021.

Emi memulai debut internasionalnya bersama Argentina tanggal 3 Juni 2021 di laga kontra Chile. Pada tanggal 6 Juli silam, pria berusia 28 tahun itu menjadi buah bibir ketika mampu menepis tiga tendangan dalam babak adu penalti kontra Kolombia di semifinal Copa America.

Kemenangan itu menghantar Argentina ke final menghadapi Brasil, dan sisanya adalah sejarah. Emi diganjar gelar Golden Glove Copa America 2021 karena penampilan fantastisnya sepanjang turnamen. 

Baca juga :  Tinggalkan Real Madrid, Klub-Klub Ini Jadi Tujuan Potensial Sergio Ramos

Kini, Arsenal sepertinya harus gigit jari karena keputusan mereka untuk melepas Emi ke klub lain alih-alih memakai jasanya. Sementara Argentina bisa sedikit lebih tenang dalam menatap kompetisi Piala Dunia 2022 mendatang karena di bawah mistar ada seorang maestro bersahaja yang siap menghalau semua serangan dan membawa Albiceleste tinggi mengangkasa.

Salut untuk Emiliano Martinez! (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....