Home Teknologi Diretas Hacker, Data dan Dokumen Penting CD Projekt Red Dalam Bahaya!

Diretas Hacker, Data dan Dokumen Penting CD Projekt Red Dalam Bahaya!

TELENEWS.ID – Nasib malang kembali menimpa CD Projekt Red. Jaringan internal developer game populer The Witcher dan Cyberpunk 2077 itu belum lama kebobolan oleh aksi hacker.

Sejumlah data dan dokumen penting perusahaan pun berada di tangan sang peretas dan terancam akan dirilis untuk publik.

Kabar mengenai peretasan tersebut diungkap oleh CD Projekt sendiri lewat sebuah unggahan resmi.

“Kemarin kami mengetahui bahwa kami telah menjadi sasaran aksi kejahatan siber, yang mana telah menembus beberapa sistem internal kami,” tulis CD Projekt.

Lebih lanjut, CD Projekt menyebut oknum peretas sebagai aktor yang belum teridentifikasi yang berhasil mengumpulkan data milik grup kapital perusahaan dan meninggalkan sebuah surat ancaman.

“Anda telah tergadaikan secara EPIK! Kami telah mengambil versi penuh dari kode inti (source code) dari server anda untuk game Cyberpunk 2077, Witcher 3, Gwent dan juga versi belum-rilis dari Witcher 3!!!” tulis sang peretas dalam sebuah file notepad.

Tidak hanya itu, sang peretas juga mengklaim berhasil mengunduh semua dokumen perusahaan CD Projekt Red, mulai dari dokumen akunting, administrasi, legal, HR, relasi investor dan lainnya.

Peretas juga meminta sejumlah uang dan mengancam akan menjual atau membocorkan semua data yang mereka dapatkan kepada publik dan jurnalis game di seluruh dunia jika keinginan mereka tidak dipenuhi. Sang peretas memberi waktu 48 jam bagi CD Projekt untuk memenuhi permintaannya.

Dalam surat pernyataan resminya, CD Projekt menegaskan tidak akan bernegosiasi atau memenuhi permintaan sang “aktor”. Perusahaan asal Polandia tersebut juga telah mengambil langkah yang diperlukan untuk menanggulangi konsekuensi peretasan tersebut.

Mereka juga menyebut telah menambah keamanan di infrastruktur IT mereka dan mulai melakukan restorasi terhadap data.

Baca juga :  Pandemi Mengubah Kebutuhan Skill

Rupanya ancaman sang peretas bukan hanya gertakan kosong. Media digital TheVerge melaporkan bahwa terhitung pada Kamis (11/2/2021), kode inti dari game-game tersebut sudah mulai bermunculan di sejumlah forum publik seperti 4Chan dan Mega.

Beberapa data bahkan sudah dilelang dengan harga mulai dari USD1 juta untuk versi penuh. Beberapa pengamat menilai banyak pihak akan bersedia membelinya dengan harga yang lebih tinggi.

(Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...