Home Nasional Dirjen IKP Kemkominfo : Pemerintah Berupaya Bangun Komunikasi Publik Penanganan Covid-19

Dirjen IKP Kemkominfo : Pemerintah Berupaya Bangun Komunikasi Publik Penanganan Covid-19

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Prof. Dr. Widodo Muktiyo (ist)

TELENEWS. id, JAKARTA-Pemerintah telah berupaya maksimal dalam membangun komunikasi publik yang efektif, sesuai dengan kondisi terkini di lapangan. Tujuannya agar masyarakat dapat disiplin mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami kerja melibatkan semua komponen, kementerian dan lembaga. Orkestrasinya betul-betul ditantang untuk menghadapi dinamika masyarakat yang berubah cepat,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Prof. Dr. Widodo Muktiyo melalui webinar dengan tema “Komunikasi Publik Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19” pada Rabu (29/7/2020).

Dalam merumuskan komunikasi publik yang efektif, saat ini pemerintah melibatkan lima unsur yakni instansi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa. Dengan banyak unsur yang terlibat, maka perlu dilakukan pengaturan yang tepat, sehingga menghasilkan langkah yang ampuh dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sinergitas antara lima unsur tersebut, kata dia, harus diformulasikan dengan tepat. Dengan mengoptimalkan setiap unsur tersebut sesuai dengan kompetensinya masing-masing, maka penyebaran informasi yang dilakukan oleh pemerintah dapat dipahami secara utuh oleh setiap individu.

“Setiap hari kami menyiapkan topik dengan mempertimbangkan sumber informasi, sentimen, dan produk. Kemudian, disebarkan melalui kanal komunikasi yang tepat,” katanya.

Widodo menerangkan, pemerintah telah mengkaji secara matang setiap pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan Covid-19. Setiap mengolah narasi atau konten yang akan disebarkan masyarakat melalui berbagai medium komunikasi. Dari mulai tahapan proses perencanaan hingga pemilihan kanal komunikasi yang tepat

“Kami memproduksi berbagai konten yang disesuaikan dengan kanal untuk menyebarkan informasinya,” imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan, agar masyarakat dapat tertarik dengan informasi yang telah disebarkan oleh pemerintah. Lambat laun, setiap individu akan semakin tumbuh kepercayaannya kepada pemerintah dan mendukung langkah pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19.

Baca juga :  Usulkan Pembebasan Napi Koruptor Usia 60 Tahun, KPK Minta KemenkumHAM Terbuka Kepada Publik

“Apa yang kami produksi juga menyesuaikan dengan selera pasar. Tujuannya supaya pesannya diterima oleh masyarakat dan kemudian dijadikan pedoman untuk perilakunya,” tutur Widodo (sumber infopublik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...