Home Nasional Dirjen IKP Kemkominfo : Pemerintah Berupaya Bangun Komunikasi Publik Penanganan Covid-19

Dirjen IKP Kemkominfo : Pemerintah Berupaya Bangun Komunikasi Publik Penanganan Covid-19

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Prof. Dr. Widodo Muktiyo (ist)

TELENEWS. id, JAKARTA-Pemerintah telah berupaya maksimal dalam membangun komunikasi publik yang efektif, sesuai dengan kondisi terkini di lapangan. Tujuannya agar masyarakat dapat disiplin mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami kerja melibatkan semua komponen, kementerian dan lembaga. Orkestrasinya betul-betul ditantang untuk menghadapi dinamika masyarakat yang berubah cepat,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Prof. Dr. Widodo Muktiyo melalui webinar dengan tema “Komunikasi Publik Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19” pada Rabu (29/7/2020).

Dalam merumuskan komunikasi publik yang efektif, saat ini pemerintah melibatkan lima unsur yakni instansi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa. Dengan banyak unsur yang terlibat, maka perlu dilakukan pengaturan yang tepat, sehingga menghasilkan langkah yang ampuh dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sinergitas antara lima unsur tersebut, kata dia, harus diformulasikan dengan tepat. Dengan mengoptimalkan setiap unsur tersebut sesuai dengan kompetensinya masing-masing, maka penyebaran informasi yang dilakukan oleh pemerintah dapat dipahami secara utuh oleh setiap individu.

“Setiap hari kami menyiapkan topik dengan mempertimbangkan sumber informasi, sentimen, dan produk. Kemudian, disebarkan melalui kanal komunikasi yang tepat,” katanya.

Widodo menerangkan, pemerintah telah mengkaji secara matang setiap pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan Covid-19. Setiap mengolah narasi atau konten yang akan disebarkan masyarakat melalui berbagai medium komunikasi. Dari mulai tahapan proses perencanaan hingga pemilihan kanal komunikasi yang tepat

“Kami memproduksi berbagai konten yang disesuaikan dengan kanal untuk menyebarkan informasinya,” imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan, agar masyarakat dapat tertarik dengan informasi yang telah disebarkan oleh pemerintah. Lambat laun, setiap individu akan semakin tumbuh kepercayaannya kepada pemerintah dan mendukung langkah pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19.

Baca juga :  KPU Batasi Jumlah Peserta Kampanye di Pilkada 2020

“Apa yang kami produksi juga menyesuaikan dengan selera pasar. Tujuannya supaya pesannya diterima oleh masyarakat dan kemudian dijadikan pedoman untuk perilakunya,” tutur Widodo (sumber infopublik).

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...