Home Nasional Dirjen IKP : Sosialisasi dan Edukasi Ke Masyarakat Tentang Pencegahan Karhutla...

Dirjen IKP : Sosialisasi dan Edukasi Ke Masyarakat Tentang Pencegahan Karhutla Sangat Dibutuhkan

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo (ist)

TELENEWS. id, JAKARTA – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo, menyampaikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di sejumlah daerah.

“Masyarakat masih belum terinformasi akan berbagai upaya pencegahan Karhutla yang telah dilakukan oleh Pemerintah,” ujar Widodo dalam Dialog Interaktif dengan tema “Strategi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Masa Pandemi Covid 19” di Sapa Malam, Kompas TV, Kamis (6/8/2020).

Begitu pentingnya dua hal tersebut, lanjut Widodo, Kemkominfo menginisiasi pembentukan Desk Karhutla dalam menjembatani berbagai pihak yang terlibat untuk bekerja sama melakukan pencegahan karhutla dan menyebarkan informasi mengenai berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam mencegah terjadinya Karhutla.

“Desk Karhutla lebih banyak menjembatani komunikasi. Kemudian kami mempersiapkan informasi, jangan sampe lengah dan jangan menjadi pemadam kebakaran”, imbuhnya.

Ia menjelaskan, tujuan melakukan sosialisasi dan edukasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah rawan untuk berpartisipasi secara aktif mencegah terjadinya kebakaran. Dengan cara, menyebarkan berbagai jenis konten informasi yang dapat menarik perhatian masyarakat.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan diskusi melalui medium media sosial yang melibatkan banyak masyarakat yang berada di wilayah rawan kebakaran. Sehingga, dapat mempengaruhi masyarakat di sana untuk ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran dilingkungannya.

“Sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui berbagai kanal yang ada, bahkan dengan bahasa daerah untuk mencegah terjadinya karhutla di Indonesia,” tuturnya.(infopublik).

Baca juga :  Ngeri! Tekstil China Hasil Limbah Beracun Beredar di Indonesia
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...