Home Nasional Dirjen IKP : Sosialisasi dan Edukasi Ke Masyarakat Tentang Pencegahan Karhutla...

Dirjen IKP : Sosialisasi dan Edukasi Ke Masyarakat Tentang Pencegahan Karhutla Sangat Dibutuhkan

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo (ist)

TELENEWS. id, JAKARTA – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo, menyampaikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di sejumlah daerah.

“Masyarakat masih belum terinformasi akan berbagai upaya pencegahan Karhutla yang telah dilakukan oleh Pemerintah,” ujar Widodo dalam Dialog Interaktif dengan tema “Strategi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Masa Pandemi Covid 19” di Sapa Malam, Kompas TV, Kamis (6/8/2020).

Begitu pentingnya dua hal tersebut, lanjut Widodo, Kemkominfo menginisiasi pembentukan Desk Karhutla dalam menjembatani berbagai pihak yang terlibat untuk bekerja sama melakukan pencegahan karhutla dan menyebarkan informasi mengenai berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam mencegah terjadinya Karhutla.

“Desk Karhutla lebih banyak menjembatani komunikasi. Kemudian kami mempersiapkan informasi, jangan sampe lengah dan jangan menjadi pemadam kebakaran”, imbuhnya.

Ia menjelaskan, tujuan melakukan sosialisasi dan edukasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah rawan untuk berpartisipasi secara aktif mencegah terjadinya kebakaran. Dengan cara, menyebarkan berbagai jenis konten informasi yang dapat menarik perhatian masyarakat.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan diskusi melalui medium media sosial yang melibatkan banyak masyarakat yang berada di wilayah rawan kebakaran. Sehingga, dapat mempengaruhi masyarakat di sana untuk ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran dilingkungannya.

“Sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui berbagai kanal yang ada, bahkan dengan bahasa daerah untuk mencegah terjadinya karhutla di Indonesia,” tuturnya.(infopublik).

Baca juga :  Pemanfaatan Dana Desa untuk Cegah dan Tangani Penyebaran Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...