Home Gaya hidup Disindir Wanda Hamidah, Ini Alasan Ilmiah Kamu Harus Meninggalkan Produk Pemutih Kulit...

Disindir Wanda Hamidah, Ini Alasan Ilmiah Kamu Harus Meninggalkan Produk Pemutih Kulit Sekarang Juga!

TELENEWS.ID – Melalui akun media sosial miliknya, selebriti dan politisi Wanda Hamidah menuangkan sindiran pada produk pemutih yang mengklaim mereka telah “go international”. Sindiran Wanda ini bergema seiring dengan kontroversi berbagai brand lokal Indonesia yang mengklaim tampil di ajang fashion bergengsi Paris Fashion Week.

“Go internasional itu berarti target market suatu produk di luar negaranya. (cek Google dictionary or Google translate). Tapi kalau mengklaim go internasional/’occupied Paris’ tapi target market kamu masih di negara kamu itu gimana ya,” tulis Wanda.

Wanda juga menyindir bahwasanya produk pemutih kulit atau skin whitening tidak akan laku di Perancis, karena negara tersebut telah melarang semua jenis produk pemutih kulit untuk dijual belikan secara bebas.

“Apakah kamu berpikir orang-orang di Perancis bakal memakai produk ‘whitening’-mu? Mereka melarang produkmu di etalase karena kampanye mereka semua warna kulit bagus. No more whitening products,” tegas Wanda Hamidah.

Perancis memang menjadi salah satu negara yang melarang peredaran produk pemutih kulit. Namun di negara kita, segala jenis produk pemutih kulit tampaknya sangat diminati oleh konsumen. Tak hanya pemutih wajah, pemutih kulit tubuh juga laris manis di pasaran.

Kosmetik pencerah kulit digunakan oleh banyak wanita dan pria di seluruh dunia. Produk mengandung berbagai zat, yang seringkali tidak diketahui oleh pengguna. Sebagian besar produk ini termasuk kortikosteroid topikal, hidrokuinon, dan merkuri.

Pencerahan kulit atau pemutihan kulit, adalah prosedur kosmetik yang bertujuan untuk mencerahkan area kulit yang gelap atau mencapai warna kulit yang umumnya lebih pucat. Biasanya digunakan untuk memperbaiki tampilan noda seperti tanda lahir dan bercak hitam atau melasma.

Sebenarnya, boleh saja kamu menggunakan produk whitening tapi harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter, serta memastikan produk yang kamu pakai bebas bahan kimia berbahaya.

Baca juga :  Tips Tampil Segar saat Berangkat Kerja Meski Begadang di Malam Hari

Penelitian menemukan bahwa produk pemutih kulit berbahaya secara bebas. Celakanya produk ini tidak selalu menyebutkan tingkat bahan yang benar, sehingga membahayakan konsumen. Salah satunya adalah pemakaian Hydroquinone yang dijelaskan oleh ilmuwan “setara secara biologis dengan produk pengelupas cat” yang berbahaya bagi pemakainya.

Hydroquinone dapat menghilangkan lapisan atas kulit, meningkatkan risiko kanker kulit, dan menyebabkan kerusakan hati dan ginjal yang fatal. Merkuri yang juga banyak ditemukan pada produk pemutih kulit, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serupa yang mengancam jiwa.

Simon Blackburn, ketua LGA’s Safer and Stronger Communities Board, mengatakan, “produk pemutih kulit yang mengandung bahan-bahan terlarang sangat berbahaya dan dapat merusak kesehatan secara serius, melukai seumur hidup dan bahkan membunuhmu. Jadi produk-produk ini harus dihindari dengan cara apapun” tegasnya.

Beberapa efek buruk penggunaan produk pemutih kulit seperti:
• kemerahan dan bengkak (iritasi dan peradangan kulit)
• sensasi terbakar
• kulit gatal dan bersisik

Baca juga :  Ladies, Peneliti Bilang Minum Kopi Bisa Membantu Kamu Jadi Langsing Lho!

Kemungkinan risiko krim pencerah kulit yang mengandung hidrokuinon, kortikosteroid, atau merkuri meliputi:
• kulit menjadi gelap atau terlalu terang
• penipisan kulit
• terlihat pembuluh darah di kulit
• munculnya jaringan parut
• kerusakan ginjal, hati atau saraf
• kelainan pada bayi baru lahir jika digunakan selama masa kehamilan

Jadi jika kamu mengalami efek samping saat menggunakan produk pemutih kulit, segera hentikan pemakaian da hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih serius. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...