Home Nasional Hukum Ditetapkan Tersangka, Brigjen Prasetyo Dijerat Pasal Berlapis

Ditetapkan Tersangka, Brigjen Prasetyo Dijerat Pasal Berlapis

Brigjen Pol Prasetyo Utomo baju putih (ist).

TELENEWS. id,  JAKARTA-Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, bahwa Bareskrim Polri resmi menetapkan Brigjen Pol Prasetyo Utomo sebagai tersangka dalam kasus surat jalan buronan Djoko Tjandra. 

Sigit menyampaikan,  atas perkara tersebut,  mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim itu disangkakan pasal berlapis yakni Pasal 263 Ayat 1dan 2  KUHP juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 E KUHP, pasal 426 Ayat 1 KUHP,  dan Pasal 221 Ayat 1 ke 2 KUHP. Terkait pembuatan surat palsa dan menggunakan surat palsu. 

“Kita sudah melaksanakan pemeriksaan keterangan saksi yang berkesuaian dan kita mendapatkan barang bukti sekaligus juga kami dalami terkait objek dimaksud,  surat jalan,  dan surat keterangan pemeriksaan Covid-19. Di mana dua surat jalan dibuat atas perintah tersangka BJPPU. Selanjutnya soal surat keterangan Covid dan rekomendasi kesehatan dibuat di Pusdokkes Polri, ” kata Sigit di Mabes Polri,  Jakarta,  Senin (27/7/2020).

Kemudian,  kontrukao Pasal 426 KUHP terkait membantu orang yang dirampas kemerdekaannya,  dalam hal ini buronan Djoko Tjandra. 

Selain itu,  penyidik juga mendapatkan kesesuaian keterangan saksi dan barang bukti dalam bentuk surat. Sementara itu,  yang menjadi objek perkara yaitu keputusan Kapolri Nomor 119 Tanggal 20 Juni 2019 tentang pengangkatan BJP PU sebagai Karo Korwas dan Surat Jampidsus kepada  Kabareksrim Polri tentang status hukum Djoko Tjandra. 

“Dalam kontruksi ini peran BJP PU sebagai anggota Polri yang seharusnya bertugas sebagai penegal hukum,  telah membiarkan atau mengirim pertolongan kepada JST dengan mengeluarkan surat jalan,  membuat surat keterangan bebas Covid,  dan surat rekomendasi kesehatan ,” ucapnya. 

Menurut dia,  Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP yang disangkakan kepada Brigjen Prasetyo karena diduga telah menghalang-halangi atau menyulitkan penyidikan dengan menghancurkan dan menghilangkan sebagai barang bukti. 

Baca juga :  Bau Gas Menyengat Muncul, PPLI Klapanunggal Diduga Alami Kebocoran

“Hal ini dikuatkan dengan keterangan dari beberapa saksi yang berkesesuaian.  Dimana tersangka Prasetyo sebagai pejabat Polri menyuruh Kompol Joni Andrianto untuk membakar surat yang telah dipergunakan dalam perjalanan oleh saudara AK dan Djoko Tjandra, termasuk yang bersangkutan,” tegasnya. (Panjaitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...