Home Nasional Hukum Ditjen PAS tunda Terima Tahanan Baru dan Hentikan Layanan Kunjungan

Ditjen PAS tunda Terima Tahanan Baru dan Hentikan Layanan Kunjungan

TELENEWS. id,  JAKARTA Pelaksana tugas (plt)  Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Nugroho mengatakan kondisi rutan sudah penuh melebihi batas.

 “Bayangkan saja,  jika satu membawa virus corona dari luar,  kemudian masuk ke dalam lapas atau rutan yang saat ini masih overcrwoded, ” kata Nugroho dalam keterangan resminya, Rabu (1/4/2020).

Dia menyebutkan meskipun tahanan yang masuk terlihat sehat,  dikhawatirkan dia merupakan pembawa virus corona. ” Nanti bisa tahanan tersebut sehat,  ternyata menjadi pembawa virus corona dan menular tahanan lainnya,” jelasnya. 

Ia menambahkan,  selain menunda penerimaan tahanan, Ditjen PAS mengatur sejumlah langkah antisipasi terkait pencegahan penularan virus corona. Salah satunya dengan meniadakan layanan kunjungan tahanan dan menghentikan kegiatan pembinaan yang melibatkan mitra dari luar lapas atau rutan. 


Kunjungan tahanan diganti dengan layanan panggilan video,  yang berlaku mulai 17 Maret 2020 hingga selesainya masa darurat wabah. Pihaknya memahami bahwa tahanan mempunyai hak untuk berkomunikasi dengan keluarga atau pengacaranya. 


“Tahanan butuh komunikasi dengan pengacaranya dan narapida dan anak dengan keluarganya,  itu hak mereka kita tetap penuhi, namun dengan kondisi masing-masing lapas, ” ujarnya. 

Namun untuk pembinaan,  tahanan tetap bisa mendapatkan pembinaan mandor  dengan petugas tanpa harus mendatangkan pihak luar. 

Kemudian, upaya -upaya pencegahan penularan lainnya seperti penerapan SOP kesehatan meliputi pemeriksaan suhu badan,  cuci tangan,  penyemprotan,  disinfektan,  hingga pembuatan bilik sterilisasi, dilakukan setiap lapas atau rutan. 


Bahkan,  disediakan blok isolasi bagi narapidana dan tahanan yang bersatus orang dalam pemantauan (ODP)  dan pasien dalam pengawasan (PDP)  virus corona. 

Baca juga :  Jokowi Tetapkan Covid-19 Sebagai Bencana Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...