Home Gaya hidup Kesehatan Dokter Terawan Ajak Dokter Gabung PDSI, IDI Ketar-ketir

Dokter Terawan Ajak Dokter Gabung PDSI, IDI Ketar-ketir

TELENEWS.ID – Mantan Menteri kesehatan RI, dr.Terawan diketahui sudah bergabung dengan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI). dr.Terawan sendiri juga sudah menempati posisi sebagai pengawas dan pengembangan PDSI ke depannya serta mendapat fasilitas dari PDSI untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan pengobatan stroke dengan istilah ‘cuci otak’.

Namun diketahui Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr.M.Adib Khumaidi,SpOT bahwa IDI membuka pintu kembali jika dr.Terawan ingin bergabung kembali. Adib juga mengklaim bahwa belum ada anggotanya yang melakukan resign atau dikeluarkan hingga saat ini apalagi pindah ke PDSI. Adib juga menegaskan kepada awak media bahwa sanksi pemecatan yang diberikan IDI kepada dr.Terawan bersifat tidak permanen. Untuk itu kapanpun dr.Terawan ingin kembali bergabung, IDI akan sangat menerima.

Adib juga membantah pernyataan ketua umum PDSI, Jajang Edi Priyanto yang menyatakan bahwa dr.Terawan telah resmi bergabung dengan PDSI dan resmi keluar dari IDI. Menurutnya, PDSI dan IDI berbeda, karena PDSI hanya perkumpulan dokter saja dan tidak memiliki legalitas seperti IDI secara nasional. Untuk itu siapapun yang bergabung dengan PDSI, tidak ada pengaruhnya dengan status keanggotaan mereka di dalam IDI. Jika dr.Terawan sudah bergabung dengan PDSI namun masih ingin kembali menjadi anggota IDI setelah pemecatan, maka tidak masalah karena kedua fungsi organisasi yang berbeda dan independen.

Adib juga mengaku sudah menyampaikan soal sifat dari pemecatan ini yang tidak permanen kepada Komisi IX DPR RI. Diketahui bahwa setelah adanya pemecatan dr.Terawaan dari IDI dan terancamnya izin praktik dr.Terawan yang tidak bisa diperpanjang. DPR RI pun memanggil IDI untuk meminta penjelasan dan memberikan kritik keras kepada pengelolaan IDI selama ini. Bahkan ada rumor bahwa aka nada revisi undang-undang kesehatan terutama soal IDI yang perlu diperbaiki.

Baca juga :  Inilah 5 Perusahaan Asing Pemasok Vaksin Covid-19 di Indonesia

Sementara itu, dr.Terawan angkat bicara mengenai isu bahwa dirinya akan kembali ke IDI terutama untuk mendapatkan izin praktik kedokterannya. dr.Terawan memastikan bahwa dirinya tidak akan kembali ke IDI sekalipun diminta siapapun. Dirinya menegaskan bahwa akan membantu perkembangan PDSI ke depannya karena PDSI yang menerima dirinya saat tidak adanya naungan untuk berlindung. dr.Terawan juga tidak berkenan merespon pernyataan Ketum IDI, Adib Khumaidi soal belum adanya anggota yang keluar dari IDI maupun ajakan untuk kembali bergabung dengan IDI.

Namun dr.Terawan menegaskan bahwa walaupun dia berbeda naungan dengan dokter lain yang masih bertahan di IDI, dirinya akan tetap menghormati dan menjalin hubungan baik dengan seluruh dokter IDI. Dirinya juga mengaku bangga bisa bergabung dengan IDI sekian lama dan mendapat banyak pelajaran serta pengalaman berharga untuk terus menaikkan prestasinya. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...