Home Nasional Hukum Dokumen 1,8 T Ditemukan KPK dalam Kasus Pengadaan Lahan DKI, Akankah Anies...

Dokumen 1,8 T Ditemukan KPK dalam Kasus Pengadaan Lahan DKI, Akankah Anies Diperiksa?

TELENEWS.ID – Kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah di Munjul Yang menjerat Direktur Utama Sarana Jaya nonaktif, yakni Yoory Corneles Pinontoan kembali memasuki babak baru. KPK menemukan ada sebuah dokumen pencairan dana terkait pengadaan tanah di kawasan Munjul tersebut. Nilai pencairan dokumen tersebut adalah Rp. 1,8 Triliun.

Dalam keterangan persnya di Jakarta, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa pihaknya akan mendalami temuan dokumen tersebut karena nominalnya yang sangat fantastis. Dokumen yang ditemukannya tersebut tercatat di SK nomor 45. Selain dokumen tersebut, KPK juga menemukan ada dokumen lain dengan anggaran Rp. 800 Miliar.

Terkait penemuan dokumen tersebut, wacana untuk memeriksa Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan kembali muncul. KPK menilai keterangan Anies sangat diperlukan untuk mengungkap kasus ini lebih lanjut karena Anies memahami betul bagaimana penyusunan APBD untuk Provinsi Jakarta.

Tidak hanya Anies, beberapa kolega Anies di DPRD DKI Jakarta juga dinilai perlu untuk diperiksa untuk mengetahui keterangan lebih lanjut. Firli menegaskan, KPK tidak akan pandang bulu untuk mengungkap kasus yang menjerat Pemerintah Daerah provinsi DKI ini. KPK bekerja berdasarkan bukti yang ada dan pastinya tidak akan sembarangan dalam menetapkan tersangka.

Sebelumnya, KPK sudah memanggil Kepala BPKD DKI Jakarta yakni Edi Sumantri sebagai saksi untuk Direktur PT ABAM, Rudi Hartono Iskandar pada Rabu, 4/8 kemarin. Pemeriksaan dilakukan di gedung Merah Putih, dan menghadirkan beberapa saksi lainnya yakni poihak BPKD DKI Asep Erwin dan Faisal Syafruddin. Turut hadir juga dalam pemeriksaan tersebut, Farouk dari BUMD DKI Jakarta.

KPK memanggil orang-orang tersebut untuk kasus korupsi pengadaan lahan di Pndok Ranggon, Jakarta Timur . Dalam kasus ini, negara ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp. 152,5 Miliar. Masyarakat masih menunggu gebrakan KPK selanjutnya dalam menangani kasus yang menimpa Pemprov DKI Jakarta ini.

Baca juga :  Kenapa Kemang Kebanjiran? Basically, Inilah Penyebabnya

Beberapa nama penting di DKI Jakarta seperti Anies Baswedan sudah masuk dalam daftar nama yang akan diperiksa oleh KPK tinggal menunggu aksi nyata dari KPK yang berkomitmen untuk menangani setiap kasus korupsi tanpa pandang bulu. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...

Tewas Bukan Karena Maling Mobil, Kakek Wiyanto Dianiaya Secara Brutal Gara-gara Serempet Motor di Jalan

TELENEWS.ID - Polisi mengungkap kronologi kematian Wiyanto Halim (89) yang tewas akibat dikeroyok massa di kawasan JIEF, Pulo Gadung, Cakung, Jakarta Timur...

Yuk Mampir ke Provinsi Berpenduduk Paling Bahagia di Indonesia, Dijamin Betah

TELENEWS.ID - Berbagai macam spot wisata di setiap daerah Indonesia mampu mengundang traveller lokal maupun mancanegara. Dalam beberapa waktu terdapat informasi bagaimana...