Home Nasional Hukum Dokumen 1,8 T Ditemukan KPK dalam Kasus Pengadaan Lahan DKI, Akankah Anies...

Dokumen 1,8 T Ditemukan KPK dalam Kasus Pengadaan Lahan DKI, Akankah Anies Diperiksa?

TELENEWS.ID – Kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah di Munjul Yang menjerat Direktur Utama Sarana Jaya nonaktif, yakni Yoory Corneles Pinontoan kembali memasuki babak baru. KPK menemukan ada sebuah dokumen pencairan dana terkait pengadaan tanah di kawasan Munjul tersebut. Nilai pencairan dokumen tersebut adalah Rp. 1,8 Triliun.

Dalam keterangan persnya di Jakarta, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa pihaknya akan mendalami temuan dokumen tersebut karena nominalnya yang sangat fantastis. Dokumen yang ditemukannya tersebut tercatat di SK nomor 45. Selain dokumen tersebut, KPK juga menemukan ada dokumen lain dengan anggaran Rp. 800 Miliar.

Terkait penemuan dokumen tersebut, wacana untuk memeriksa Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan kembali muncul. KPK menilai keterangan Anies sangat diperlukan untuk mengungkap kasus ini lebih lanjut karena Anies memahami betul bagaimana penyusunan APBD untuk Provinsi Jakarta.

Tidak hanya Anies, beberapa kolega Anies di DPRD DKI Jakarta juga dinilai perlu untuk diperiksa untuk mengetahui keterangan lebih lanjut. Firli menegaskan, KPK tidak akan pandang bulu untuk mengungkap kasus yang menjerat Pemerintah Daerah provinsi DKI ini. KPK bekerja berdasarkan bukti yang ada dan pastinya tidak akan sembarangan dalam menetapkan tersangka.

Sebelumnya, KPK sudah memanggil Kepala BPKD DKI Jakarta yakni Edi Sumantri sebagai saksi untuk Direktur PT ABAM, Rudi Hartono Iskandar pada Rabu, 4/8 kemarin. Pemeriksaan dilakukan di gedung Merah Putih, dan menghadirkan beberapa saksi lainnya yakni poihak BPKD DKI Asep Erwin dan Faisal Syafruddin. Turut hadir juga dalam pemeriksaan tersebut, Farouk dari BUMD DKI Jakarta.

KPK memanggil orang-orang tersebut untuk kasus korupsi pengadaan lahan di Pndok Ranggon, Jakarta Timur . Dalam kasus ini, negara ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp. 152,5 Miliar. Masyarakat masih menunggu gebrakan KPK selanjutnya dalam menangani kasus yang menimpa Pemprov DKI Jakarta ini.

Baca juga :  Pengemis THR di Pemerintahan Merajalela, KPK Terbitkan SE

Beberapa nama penting di DKI Jakarta seperti Anies Baswedan sudah masuk dalam daftar nama yang akan diperiksa oleh KPK tinggal menunggu aksi nyata dari KPK yang berkomitmen untuk menangani setiap kasus korupsi tanpa pandang bulu. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...