Home Ekonomi Figur Dorce Gamalama Tutup Usia, Ini 6 Cara Mengatasi Duka Saat Keluarga Meninggal...

Dorce Gamalama Tutup Usia, Ini 6 Cara Mengatasi Duka Saat Keluarga Meninggal Karena Covid

TELENEWS.ID – Artis senior Dorce Gamalama dikabarkan meninggal dunia. Hal ini dikonfirmasi oleh Hetty Soendjaya yang merupakan kerabat Dorce. Hetty menyebut Dorce tutup usia pada Rabu (16/02/2022) pukul 8 pagi di rumah sakit tempatnya dirawat. “Iya betul jam setengah 8 pagi tadi, di RSPP Simpruk,” ujar Hetty sambil menangis.

Hetty juga mengkonfirmasi bahwa Dorce meninggal dunia lantaran Covid. Hal ini membuat jenazah Dorce akan dimakamkan sesuai dengan protokol yang ditentukan oleh pemerintah. “Jadi meninggalnya karena COVID. Jadi nggak dibawa pulang, jadi di kemasnya di rumah sakit,” ungkap Hetty.

Sebelum meninggal dunia karena Covid, almarhumah Dorce Gamalama memang sudah keluar masuk rumah sakit lantaran komplikasi kesehatan yang ia derita. Terakhir, Dorce mengeluhkan batu ginjal yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

“Alhamdulillah Allah masih kasih nikmat makan, nikmat tidur, nikmat minum Alhamdulillah nggak ada masalah. Cuma ada ini dikit, batu ginjal aja. Batunya mesti diangkat. Ditembak kan nggak bisa, jadi mesti diangkat,” kata Dorce Gamalama.

Selain batu ginjal, Dorce rupanya juga mengidap gula darah yang membuat kondisinya semakin memburuk. Dorce sendiri kemudian dilarikan ke rumah sakit dan sempat dirawat kemudian dikabarkan meninggal dunia lantaran perpapar virus Covid.

Ditinggalkan anggota keluarga karena Covid memang menyisakan kesedihan yang luar biasa. Apalagi mereka yang meninggal karena Covid, memang tak bisa diselenggarakan seperti jenazah lain pada umumnya. Bahkan terkadang anggota keluarga tak bisa melihat dan mendampingi keluarga mereka untuk yang terakhir kalinya.

Dr. M. Katherine Shear, direktur pendiri Center for Complicated Grief di Universitas Columbia dan Profesor Psikiatri Marion E. Kenworthy membagikan tips mengatasi duka mendalam akibat keluarga yang meninggal karena terpapar Covid.

  1. Ketahuilah bahwa perasaan dukamu itu wajar. Kesedihan itu merupakan respons alami terhadap kehilangan. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk mengalaminya. Setiap orang memiliki cara berbeda untuk menghadapi kesedihan mereka. Karena itulah jangan pernah merasa kamu lemah atau cengeng lantaran menangis saat kehilangan orang terdekatmu akibat Covid.
  2. Pahamilah bahwa kehilangan secara mendadak itu memang mengejutkan. Ketika orang yang dicintai meninggal secara tiba-tiba seperti yang terjadi pada kematian akibat Covid-19, seseorang cenderung menyalahkan diri sendiri. Namun kamu harus tahu bahwa hal ini tidak bisa dihindari, dan memang sudah menjadi takdir yang harus kamu jalani.
  3. Berdoalah. Tak bisa dipungkiri kekuatan doa menjadi hal yang menguatkan dan menenangkan bagi mereka yang ditinggal keluarganya secara mendadak akibat Covid.
  4. Bicara dengan orang lain. Jangan pendam perasaanmu sendiri. Tak ada salahnya kamu bicara dengan orang yang kamu percayai untuk membagikan kesedihanmu dengan orang yang kamu percayai. Mungkin berbicara dengan mereka bisa menjadi hal yang menenangkan hatimu
  5. Berhenti menyalahkan diri sendiri. Adalah yang wajar jika kamu sempat menyalahkan diri sendiri saat ada anggota keluargamu yang meninggal karena Covid. Kamu mungkin akan berfikir seandainya lebih tanggap dan cepat memberikan pertolongan, maka keluargamu akan selamat. Ketahuilah menyalahkan diri sendiri tak akan merubah kenyataan. Kamu tak bertanggung jawab atas meninggalnya keluargamu. Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah bangkit, dan melanjutkan hidupmu kembali.
  6. Cari bantuan profesional jika kesedihanmu tak kunjung hilang dan mengganggu kehidupanmu sehari-hari. Inilah saatnya kamu mencari terapis profesional, yang akan membantumu untuk mengatasi rasa sedihmu. Ini karena jika dibiarkan maka kesedihanmu bisa memakan dirimu sendiri dan berakibat buruk pada kesehatan mentalmu.
Baca juga :  Waspada! 7 Kebiasaan ini Memicu Stroke Ringan Hingga Berat
Baca juga :  Memperingati Hari Guru Nasional, Ajarkan Anak untuk Menghormati Guru Sejak Dini

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kesedihan saat anggota keluarga meninggal mendadak karena Covid. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...