Home Pilihan DPD FERARI Sumut : Penetapan Tersangka Pengacara Djoko Tjandra Harus menghormati UU...

DPD FERARI Sumut : Penetapan Tersangka Pengacara Djoko Tjandra Harus menghormati UU Advokat

Ketua DPD FERARI Sumut, Baginta Manihuruk, SH, MH, bersama pengurus DPD FERARI Sumut, dan DPC FERARI Kota Medan

TELENEWS. id, MEDAN– Bareskrim Polri menetapkan pengacara buronan kasus korupsi Bank Bali Djoko Tjandra,  Anita Kolopaking sebagai tersangka pembuatan surat jalan palsu Korps Bhayangkara. Atas kasus itu polisi telah memeriksa sekitar 23 saksi dan menyita sejumlah barang bukti terkait surat jalan Djoko Tjandra. 

Menanggapi hal itu,  Ketua Dewan Pimpinan Dewan (DPD)  Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Sumatera Utara, Baginta Manihuruk, SH.MH , mengatakan, dengan menghormati segala proses hukum yang telah dilakukan oleh Penyidik yang menangani kasus Djoko Djandra, dirinya menyarankan kepada penegak hukum khususnya Penyidik Polri yang menangani kasus Djoko Djandra, selain melaksanakan hukum acara pidana. Perlu juga  memperhatikan UU No 18 Tahun 2003 Tentang Advokat (UU Advokat).  Dimana dalam UU Advokat sudah diatur ketentuan dalam hal Advokat diduga melakukan tindak pidana.


“Maka secara UU Advokat seharusnya Penyidik menunggu hasil pemeriksaan Dewan Kehormatan Organisasi Advokat dan sudah seharusnya menurut ketentuan Penyidik menyampaikan surat panggilan yang melibatkan Advokat tersebut ke Organisasi Advokat untuk dilakukan pemeriksaan oleh Dewan Kehormatan terlebih dulu, “kata Baginta kepada telenews.id, Selasa (4/8/2020).

Ketua DPD FERARI Sumut , Baginta Manihuruk, SH,MH

Dia menjelaskan, terkait laporan tersebut apakah termasuk dan berkaitan dengan menjalankan profesi atau merupakan tindakan melawan hukum pidana yang tidak ada kaitan dengan pekerjaan profesi Advokat.


“Hal penyampaian surat pemanggilan Advokat dari Penyidik ini pun sudah diatur khusus pada Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah Pihak Penegak Hukum, Advokat dengan Mabes Polri”. tutur  Ketua DPD FERARI Sumatera Utara ini.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dimana tindakan Penyidik dapat merujuk Pasal 26 ayat 4, 5 dan 6 UU Advokat yang menyatakan bahwa Pasal 26 ayat 4Pengawasan atas pelaksanaan kode etik profesi Advokat dilakukan oleh Organisasi Advokat. 

Baca juga :  Pemprov Bali Terapkan Status Tanggap Darurat Bencana Covid -19


Selain itu, kata dia,  Pasal 26 ayat 5Dewan Kehormatan Organisasi Advokat memeriksa dan mengadili pelanggaran kode etik profesi Advokat berdasarkan tata cara Dewan Kehormatan Organisasi Advokat.


Sementara itu,  Pasal 26 ayat 6Keputusan Dewan Kehormatan Organisasi Advokat tidak menghilangkan tanggung jawab pidana apabila pelanggaran terhadap kode etik profesi Advokat mengandung unsur pidana.

Dalam kesempatan yang sama,  Ketua DPC FERARI Kota Medan ,Ganda Putra Marbun, SH.MH  mengatakan, Advokat Djoko Tjandra yang ditetapkan sebagai tersangka seharusnya penyidik harus memperoleh keputusan Dewan Kehormatan Organisasi Advokat barulah dapat melanjutkan atau tidak proses penyidikan terhadap Advokat seperti halnya Notaris juga melalui putusan Dewan Kehormatan Notaris.


“Jadi profesi advokat sebagai penegak hukum yang independent terbebas dari rasa takut serta wajib dilindungi dalam menjalankan profesinya dengan memperhatikan hak dan kewajiban Advokat yang diatur dalam UU Advokat disamping itu Advokat juga memiliki imunitas yaitu tidak dapat dituntut, secara pidana dan perdata dalam menjalankan profesi advokat dengan itikad baik (Pasal 16) yang diperkuat dalam keputusan Mahkamah Konstitusi, ” jelasnya. 

Baca juga :  MAKI Apresiasi Ombusdman Bongkar Kasus Djoko Tjandra


Kemudian,  Advokat tidak dapat diindentikkan dengan klien (Pasal 18); Advokat wajib merahasiakan kepentingan klien (Pasal 19).


Ia menegaskan,  dalam penanganan kasus pidana yang disangkakan advokat harus disingkronkan antara KUHAP dan UU Advokat (Peter).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...