Home Daerah DPRD Harap Bupati Bogor Perhatikan Nasib Peternak

DPRD Harap Bupati Bogor Perhatikan Nasib Peternak

TELENEWS.ID – Pandemi COVID-19 memang berdampak pada semua sektor usaha, tak terkecuali di bidang peternakan. Hal ini membuat kondisi semua peternak khususnya yang ada di Kabupaten Bogor cukup memprihatinkan. 

Tak ayal DPRD Kabupaten Bogor pun menghimbau kepada pemimpin daerah yaitu Ade Yasin selaku Bupati Bogor untuk memberikan perhatian. Perhatian tersebut berupa intensif yang bisa diberikan kepada para peternak dengan tujuan kembali menghidupkan bisnis mereka di tengah terjangan pandemi seperti sekarang ini. 

Rudy Susmanto selaku Ketua DPRD Kabupaten Bogor menuturkan bahwa bentuk perhatian berupa insentif tersebut bisa bermacam-macam seperti pakan ternak yang dihibahkan oleh Pemkab Bogor.

Pandemi yang mengakibatkan daya beli masyarakat yang menurun drastis cukup berimbas kepada menurunnya penjualan hewan ternak dewasa ini.

“Para peternak tentu saja terkena imbas dari pandemi. Harusnya para peternak mendapatkan perhatian khusus berupa bantuan. Hal tersebut bisa dilakukan demi kembali memulihkan perekonomian daerah yang lesu akibat pandemi COVID-19,” ujar Rudy Susmanto hari Rabu (21-07-2021).

Pejabat yang juga politisi Gerindra ini memberikan contoh situasi yang terjadi di kawasan Kecamatan Ciseeng. Hasil budidaya dan benih-benih ikan yang ada di wilayah pusat perikanan tersebut sangat sulit untuk dipasarkan. Rudy menambahkan bahwa iklim penjualan mereka sangat menurun drastis di masa pandemi ini. Ekspor pun sangat sulit untuk dilakukan saat ini.

Rudy kembali menjelaskan jika berpatokan kepada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPKJ) Bupati Bogor tahun 2020, bantuan yang dilancarkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) disinyalir masih sangat kurang.

Rudy pun mengharapkan agar Diskanak sudah merencanakan beberapa insentif yang ditujukan untuk para peternak yang dianggarkan tahun 2022 mendatang. Hal ini semata-mata hanya untuk menyelamatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga :  Desa Wisata Kiarasari Kurang Diperhatikan Pemkab Bogor

”Diskanak harus menyiapkan anggaran yang bisa direalisasikan pada tahun depan untuk memberikan hibah seperti bibit-bibit pertanian, pakan ternak dan hewan ternak. Jangan sampai usaha para peternak berhenti ditengah jalan, mereka butuh perhatian” ujarnya.

Jumlah produksi perikanan yang ada di Kabupaten Bogor pun mengalami penurunan berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor. Pada tahun 2019 lalu tipe ikan konsumsi berada di 122.228 ton namun pada tahun lalu mengalami penurunan menjadi 118.771 ton. Tentu saja hal ini harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk bisa kembali membangkitkan ekonomi masyarakat. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...