Home Daerah DPRD Jabar Desak Pemkab Garut Usulkan Garut Utara Jadi DOB

DPRD Jabar Desak Pemkab Garut Usulkan Garut Utara Jadi DOB

TELENEWS.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali mengusulkan Garut Utara menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Setelah Garut Selatan, daerah yang memisahkan diri dinilai sangat krusial untuk bisa mempercepat pembangunan dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

“Kami sangat mendukung rencana warga untuk memisahkan diri seperti keinginan warga Garut Utara yang mengusulkan untuk menjadi DOB. Hal ini memang harus segera dilakukan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan juga mempercepat pembangunan,” ujar Memo Hermawan selaku anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat.

Memo mengatakan bahwa pemekaran daerah di Provinsi Jawa Barat sangat wajar untuk dilakukan mengingat luas wilayah dan jumlah penduduknya sangat memadai.

Jawa Barat saat ini baru terdapat 27 kota/kabupaten. Jika dibandingkan dengan provinsi lain seperti Jawa Timur (Jatim) dan  Jawa Tengah (Jateng), tentu jumlah tersebut masih sangat minim.

Memo memberi contoh daerah Jatim yang saat ini sudah memiliki 38 kota/kabupaten. Jika berbicara tentang jumlah penduduk dan luas daerah, Jawa Barat masih lebih baik dibandingkan Jawa Timur.

Tak ayal, Memo melanjutkan bahwa pembangunan di daerah Jatim lebih maju jika dibandingkan dengan Jawa Barat. Hal ini pun terlihat dari masyarakatnya yang sudah cukup sejahtera.

Hal ini terjadi karena Provinsi Jatim memang menyerap dana dari pusat lebih banyak mengingat jumlah kota/kabupatennya lebih banyak jika dibandingkan dengan Jawa Barat.

Memo pun menuturkan alasan lain yaitu jumlah penduduk dan luas wilayah Kabupaten Garut yang sudah memadai untuk memisahkan diri atau membentuk DOB.

Apabila Garut tidak segera melakukan pemekaran wilayah, maka akan sangat riskan untuk mempercepat kesejahteraan warganya dan melakukan pemerataan pembangunan.

“Beberapa Kabupaten yang ada di Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut memang sudah layak untuk memisahkan diri. Apabila masih tetap bertahan seperti ini, maka akan sangat sulit untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan melakukan pemerataan pembangunan mengingat masih cukup banyak daerah tertinggal di Garut,” ujarnya.

Baca juga :  Bandara Kertajati; Nasibmu Kini

Beberapa alasan tersebut yang membuat DPRD Jawa Barat untuk mempertimbangkan Garut menjadi DOB. DPRD mendukung penuh pembentukan DOB Garut Utara untuk menyusul pembentukan DOB Garut Selatan.

Namun Memo menambahkan bahwa pihaknya menghimbau kepada Pemkab Garut untuk segera membuat usulan ke DPRD Jabar dan Pemerintah Provinsi agar langsung bisa diusulkan ke pemerintah pusat secepatnya. Pemkab Garut pun hingga saat ini belum memberi usulan perihal DOB Garut Utara.

Baca juga :  Targetkan Kota Layak Anak, Kota Bandung Harus Perbaiki Mutu

Memo mengatakan bahwa masih ada beberapa usulan perihal pembentukan DOB di beberapa kabupaten yang masuk ke DPRD Jabar dan Pemprov, antara lain DOB Garut Utara, Tasik Selatan dan Indramayu Barat.

Agar bisa segera terealisasi, usulan harus segera dilayangkan dari kabupaten induk dari masing-masing calon DOB tersebut.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...

Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

TELENEWS.ID - 3 Desember diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan ini digagas untuk meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas, yang sering...