Home Travel Destinasi Dua Tahun Pasca Tsunami, Apa Kabar Tanjung Lesung?

Dua Tahun Pasca Tsunami, Apa Kabar Tanjung Lesung?

TELENEWS.ID – Tsunami akibat letusan anak gunung krakatau yang menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung meninggalkan duka yang cukup mendalam. Tanjung Lesung yang di berada di tepi selat Sunda, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten adalah salah satu lokasi yang terkena terjangan langsung ombak tsunami. Peristiwa yang mengenaskan itu terjadi pada 22 Desember 2018, sekitar 2 tahun lalu.

Diketahui, tsunami terjadi di Tanjung Lesung ketika sedang diadakannya PLN Employee Gathering yang saat itu sedang menggelar konser band Seventeen. Banyak korban berjatuhan, di antaranya beberapa anggota band dan keluarga personil Seventeen, termasuk para penonton konser band tersebut. Tercatat lebih dari 400 warga yang meninggal dalam bencana tersebut.

Dua tahun pasca tsunami, Tanjung Lesung semakin berbenah diri. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini telah membangun sebanyak 12 radar pendeteksi tsunami yang berlokasi di bibir pantai Tanjung Lesung dengan kualitas terbaik yang didatangkan langsung dari Jerman, bernama WERA (Wave Radar). Kedua belas tiang radar ini semua mengarah ke laut dengan jarak 200 kilometer. Semua yang direkam radar ini, secara sistematis tercatat ke dalam Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga : Arab Saudi Tutup Lagi Penerbangan Karena Varian Baru Covid-19

Selain itu, fasilitas dan infrastruktur sebagai penunjang pariwisata di kawasan Tanjung Lesung ini juga semakin dikebut. Misalnya, jalan tol Serang-Panimbang Seksi I yang rencananya akan beroperasi pada pertengahan 2021. Sehingga dengan adanya jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh ke Tanjung Lesung.

Lantas, bagaimana dengan kondisi kawasan wisata Tanjung Lesung saat ini?

Walaupun hantaman ekonomi kembali menerjang dengan datangnya pandemi, namun tidak menyurutkan gairah untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Tanjung Lesung dan sekitarnya. Seiring dengan diberlakukan New Normal dan melalui protokol kesehatan yang ketat, akhirnya banyak wisatawan mulai berdatangan, apalagi wisata alam seperti pantai termasuk wisata yang aman dilakukan di saat pandemi.

Baca juga :  Inilah Destinasi Wisata di Sekitar Kasongan

Tanjung Lesung sebagai salah satu gerbang masuk menuju Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon ini juga terkenal dengan keelokan pantai dan pasir putihnya. Kawasan ini menjadi destinasi wisata menarik bagi siapa saja, khususnya warga Jakarta yang hanya 4 jam berkendara ke lokasi ini. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi keluarga, refreshing, staycation dan lain-lain.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Tanjung Lesung adalah olahraga dan wisata air, seperti banana boat, glass bottom boat, jet ski, sea kayaking, open water diving, ATV, bersepeda dan juga snorkeling. Untuk mendapatkan foto senja yang berkualitas, panorama sunset juga bisa didapatkan di sini.

Tanjung Lesung juga menawarkan berbagai paket tamasya dengan speed boat ke beberapa destinasi wisata di sekitar Tanjung Lesung, seperti Gunung Anak Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon dan Pulau Liwungan.

Baca juga :  Inilah Destinasi Wisata di Sekitar Kasongan

Banyak juga penginapan di Tanjung Lesung ini yang menawarkan beberapa jenis akomodasi, misalnya villa dengan konsep hunian eksklusif yang dilengkapi dengan kolam renang pribadi atau umum, cottage berdinding dan berlantai kayu atau backpacker tent yang bisa menikmati keindahan alam terbuka. Semuanya bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan wisatawan.

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...