Home Teknologi Duh! Layanan Google Photo Kini Tak Lagi Gratis

Duh! Layanan Google Photo Kini Tak Lagi Gratis

TELENEWS.ID – Layanan penyimpanan gambar Google Photo sudah resmi berbayar sejak tanggal 1 Juni hari ini.  Google hanya akan memberi kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan pengguna akan dikenakan biaya jika memakai lebih dari angka tersebut. 

Wacana untuk membuat Google Photo menjadi layanan berbayar sudah digaungkan sejak bulan November 2020 silam. Langkah tersebut tampaknya diambil untuk meningkatkan jumlah pelanggan berbayar media penyimpanan Google One yang biayanya sebesar Rp 30 ribu per bulan untuk kapasitas 100GB.

Namun untungnya, foto yang sudah diunggah ke Google Photo sebelum tanggal 1 Juni tetap tidak dikenakan biaya dan tidak memotong jatah ‘gratisan’ 15 GB yang ditentukan tersebut.  Sebelumnya Google Photo disediakan Google sebagai penyimpan awan cadangan (cloud storage) untuk berbagai foto yang diambil pengguna dari ponsel Android mereka.

Google juga mengklaim bahwa lebih dari 80 persen pengguna baru memanfaatkan sedikit dari kuota Google Photos mereka, sehingga mereka masih bisa menggunakannya gratis hingga kuota 15 GB penuh hingga 3 tahun ke depan.

Dilansir oleh Tech Radar, penyimpanan awan (cloud storage) Google Photo dianggap praktis lantaran pengguna bisa melakukan penyortiran file berdasarkan foto favorit dan album khusus lain.  Fitur lain yang ditawarkan adalah mengarsipkan jepretan untuk merahasiakan foto atau video tertentu, sehingga foto bisa disembunyikan dari halaman utama tanpa harus menghapusnya.

Selain itu, Google juga menambahkan fitur yang memberikan saran secara otomatis terhadap foto dan video yang ingin dihapus pengguna, seperti foto yang kabur, foto screenshot, serta video dengan ukuran besar agar pengguna bisa mengoptimalkan penyimpanan awan mereka.

Per November 2020 lalu ada lebih dari 4 triliun foto tersimpan di Google Photos. Lalu setiap minggunya ada sekitar 28 miliar foto dan video baru yang diunggah ke layanan tersebut.

Baca juga :  Huawei Segera Luncurkan Penantang Sistem Operasi Android

Kendati Google sudah tidak menggratiskan fitur penyimpanan awan andalan mereka ini, para pengguna tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, masih ada sejumlah alternatif cloud storage yang masih belum memungut biaya untuk jasanya, meski dengan size / ukuran penyimpanan yang terbatas, diantaranya Dropbox, Flickr, iCloud, OneDrive dan Amazon Photos. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...